Longsor, Tebing Sungai Kuantan Ancam Pemukiman Warga

Daftar Isi

    Foto: Lokasi longsor

    LancangKuning.Com, CERENTI - Akibat hujan terus-terusan melanda Kuansing dan sekitarnya mengakibatkan longsornya tebing Sungai Kuantan di Desa Kampung Baru Timur, Kecamatan Cerenti Kuansing, kondisinya saat ini mulai mengancam pemukiman warga setempat.

    Ketua Komisi A DPRD Kuansing, asal Kecamatan Cerenti, Musliadi, S.Ag menyebutkan jika tidak ditangani bisa membahayakan pemukiman warga di sekitar area longsor. Sebab jaraknya saat ini, hanya berkisar lebih kurang 1/2 meter dari bibir tebing kuantan.

    "Sangat memprihatinkan, apalagi sekarang hujan terus-terusan, sehingga akan menambah runtuhan longsor baru," ungkap Musliadi, Ahad (28/4/2019) dikutip dari RiauTerkini.

    Menurut Ketua Komisi A yang akrab disapa Cak Mus ini, saat ini panjang longsor lebih kurang 250 meter dan tidak tertutup kemungkinan akan terus bertambah karena intensitas hujan yang tak henti-hentinya.

    Sebenarnya menurut Cak Mus, untuk tebing ini sudah berulang kali diusulkan ke pihak Provinsi, namun tidak ada respon sama sekali hingg kondisinya mulai mengancam seperti saat ini.

    Untuk turap ini menurutnya menjadi kewenangan pihak Provinsi, makanya ia sangat menyesalkan dua orang Anggota DPRD Provinsi yang berdomisili berdekatan dengan Cerenti, tak ada perhatian untuk memperjuangkan melalui APBD Provinsi.

    "Tapi tahun ini kita tetap berupaya bersama PU Kabupaten mendorong pengusulan ke pusat, tentunya ini juga melalui jaringan kita di pusat, baik yang ada di Pemerintahan dan DPR RI. Kita berharap di 2020 bisa terealisasi," harap Cak Mus.

    Dikatakan Cak Mus, untuk lokasi longsor ada dua lokasi di Kecamatan Cerenti, kondisinya juga memperhatinkan yakni di Pulau Panjang Cerenti, lokasi ini kata Cak Mus, bertepatan di jalan lintas milik Kabupaten.

    Plt. Kadis PUPR Kuansing, Ade Fahrer Arif, ketika dihubungi juga membenarkan akan mengupayakan pembangunan turap ini melalui dana APBN sebab merupakan kewenangan pusat dan Provinsi melalui DAS. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Longsor, Tebing Sungai Kuantan Ancam Pemukiman Warga
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar