Kurban Satu Ekor Kambing untuk Sekeluarga

Daftar Isi

    Foto: ACT

    LancangKuning.Com, JAKARTA - Hari Raya Idul Adha identik sebagai momentum berkurban, menyisihkan rezeki untuk menebus hewan kurban. Bagi kaum Muslim yang mampu, berkurban adalah ibadah tahunan yang rutin untuk dilakukan.

    Bahkan ada juga yang menunaikannya secara bergiliran, terutama untuk hewan kurban kambing. Pertama berkurban untuk ayahnya, tahun depan untuk ibunya, tahun berikutnya untuk anak pertama, begitu seterusnya.

    Padahal sesungguhnya satu hewan kurban kambing bisa diniatkan untuk sekeluarga.
    Sebuah Hadist Riwayat (HR.) Tirmidzi No. 1505 memuat dalil dari ‘Atho’ bin Yasar yang mengatakan,

     
    ”Aku pernah bertanya pada Ayyub Al Anshori, bagaimana kurban di masa Rasulullah awal?”. Beliau menjawab, “Seseorang biasa berkurban dengan seekor kambing untuk dirinya dan satu keluarganya. Lalu mereka memakan kurban itu dan memberikan makan untuk yang lainnya.”

    Baca Juga: Potret Palestina dalam Penjajahan Israel

    Dengan begitu, kaum Muslim yang tidak mampu berkurban mendapatkan pahala sebagaimana orang berkurban.

    Adapun berkurban kambing untuk sekeluarga memiliki batasan yang tercakup dalam pahala menunaikan ibadah kurban, yakni dengan memenuhi tiga aspek: tinggal bersama, ada hubungan kekerabatan, dan sama-sama tanggungan nafkah dari kepala keluarga.

    Turut menyediakan hewan kurban
    Sejak diresmikan pada 2011, Global Qurban telah menjadi salah satu lembaga profesional penyedia, penyembelih, dan pengelola hewan kurban. Harga yang ditawarkan pun bervariatif, salah satunya harga terjangkau dengan mengikuti program Qurban Progresif.

    Baca Juga: Humanity Food Truck Gerakkan Solidaritas Kemanusiaan

    Dessy Susanti dari Partnership Network Department Global-Qurban ACT menjelaskan, calon pekurban bisa mendapat harga lebih terjangkau apabila melakukan transaksi lebih awal. Biasanya harga Qurban Progresif akan terus bertambah seiring berjalannya bulan, dimulai sejak September.

    “Untuk kurban 1440H, harga hewan kambing lewat Qurban Progresif dimulai dari Rp1.150.000 pada September 2018. Setiap bulan akan bertambah sebesar Rp50.000, jadi bulan April harganya berubah menjadi Rp1.500.000,” papar Dessy. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kurban Satu Ekor Kambing untuk Sekeluarga
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar