Kerajinan Khas Maluku

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tahukah kamu ternyata Maluku pemandangannya tak kalah indah dengan Bali dan Lombok. Maluku memiliki destinasi yang cukup banyak dan wisata alam yang cukup indah. Di Maluku ini terdapat beberapa pantai yang wajib dikunjungi, contohnya pantai yang ada di pulau Seram, kepulauan Kei, dan pulau – pulau lainnya.

    Namun ternyata bukan hanya makanan saja menjadi khas Maluku, tapi beberapa barang kerajinan yang menjadi khas Maluku. Contohnya mutiara, kain tenun Maluku, kerajinan kulit kerang, aksesoris sisik ikan, dan banyak lagi kerajinan lainnya. Jadi, saya akan membahas tentang apa saja kerajinan khas bagi warga Maluku. Berikut simaklah selengkapnya macam – macam kerajinan khas Maluku ini.

    1. Kain Tenun Maluku

    Tidak hanya makanan saja yang menjadi khas, tetapi barang juga bisa menjadi kerajinan khas Maluku. Contohnya kain tenun yang terbuat dari benang dari kapas, serta pewarnaannya dengan menggunakan bahan yang terbuat dari akar dan juga dedaunan. Kain tenun ini memiliki ciri khas yang bisa dinilai dengan cukup unik, yaitu corak dan motifnya menggambarkan kebiasaannya, aktivitas, dan serta adat istiadatnya yang berlaku di daerah pembuatannya.

    1. Mutiara

    Mutiara ini terdapat dua jenis mutiara yang bisa kita ambil, yaitu mutiara air laut dan mutiara air tawar. Tapi tentu saja kita teliti saat membeli mutiara. Karena mutiara tidak sedikit pedagang yang cerdik, curang, dan meletakkan mutiara palsu.

    Mutiara ini tentu saja menjadi daya tarik para wisatawan yang datang. Mutiara ini yang terdapat di Maluku ini menjadi salah satu oleh – oleh yang dibeli oleh wisatawan. Oleh karena itu, jika ingin membeli mutiara, segeralah datang ke Maluku yang terdapat banyak mutiara.

    1. Aksesoris Sisik Ikan

    Maluku ini memiliki aksesoris yang terbuat dari bahan pada sisik ikan. Aksesoris ini terdapat yang berupa peniti pada kebaya, buket bunga, anting – anting, dan lainnya. Jika kamu ingin membelinya, anda bisa kunjungi ke Maluku yang bertempat di BTN Perumnas Wayane Permai yang tepatnya di kota Ambon.

    1. Batik Khas Maluku

    Selain kain tenun, Maluku ini juga memiliki kain batik dengan corak dan motif yang sangat cantik. Pada beberapa tahun yang lalu, Maluku ini memiliki batik yang cantik dan banyak diminati oleh wisatawan. Nama batik ini sendiri adalah batik Tubo. Jadi motif dari batik ini sangat populer, adalah yang motif atau corak dengan kelapa, cengkeh, pala, karang, ikan, dan juga terdapat pada peta Maluku. Jadi jika anda ingin membeli batik ini anda bisa datang ke daerah Maluku.

    1. Khas Kerajinan Kulit Kerang

    Maluku ini terdapat pada kulit kerang yang jumlahnya yang melimpah. Jika anda ingin menjelajahi ke Maluku jangan lupa membelinya. Barang ini terbuat dari kerang, misalnya untuk hiasan dinding, anting, gelang, kalung, cincin, lukisan, dan lain – lainnya. Jadi cocok jika kita gunakan kerajinan kulit kerang ini.

    Jika anda berkunjung ke suatu daerah, tempat atau destinasi wisata tentunya menjadi tujuan utamamu. Kuliner dan kerajinan khas daerah ini wajib kamu beli. Jika berkunjung atau berlibur ke Maluku ini yang tepatnya di kota Ambon, jangan lupa membelinya. Maluku adalah sebuah provinsi yang terletak di sebelah timur Indonesia. Maluku ini wilayahnya tidak begitu besar dan Maluku ini memiliki banyak pulau – pulau. Jika ingin membeli Kerajinan khas Maluku ini, diteliti dulu sebelum beli.(Fajri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kerajinan Khas Maluku
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    25%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    25%

    Marah

    0%

    Komentar