Indosat Ooredoo Dukung terwujudnya Smart Society dengan aplikasi i-Pekan & Smart City Dashboard di Kota Pekanbaru

Daftar Isi

    Pekanbaru, 23 Juni 2016 – Bertepatan dengan hari jadi nya yang ke 232, Pemerintah Kota Pekanbaru meluncurkan aplikasi perpustakaan digital i-Pekan, sebagai langkah mewujudkan Smart Society dalam kerangka Smart City. Sebagai acara peluncuran yang diadakan dalam rangkaian hari jadi Kota Pekanbaru, aplikasi perpustakaan digital yang dibangun oleh Aksaramaya ini diserahkan kepada Pemerintah Kota Pekanbaru bersama dengan donasi 4000 judul buku dalam bentuk digital dari Indosat Ooredoo.

    Perpustakaan digital pertama di pulau Sumatera ini kini memiliki koleksi buku elektronik terlengkap dan langsung dapat dinikmati oleh masyarakat Pekanbaru dengan mengakses aplikasi i-Pekan secara bebas biaya. Hal ini untuk mendorong minat baca masyarakat Pekanbaru khususnya agar dapat terwujud Smart Society yang menjadi salah satu pilar Smart City berbasis teknologi Informasi. Pada kesempatan yang sama, dengan komitmen untuk mendukung transformasi kota menjadi Smart City dan dengan solusi city dashboard yang lengkap ditambah dengan aplikasi perpustakaan digital, Indosat Ooredoo mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Kota Pekanbaru untuk menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk ujicoba platform Smart City antara Indosat Ooredoo oleh President & CEO Alexander Rusli Diwakili oleh Group Head Business Product Indosat Ooredoo Budi Harto dan Pemerintah Kota Pakanbaru  oleh Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT.

    Dengan penandatanganan MoU ini, Indosat Ooredoo dan Pemerintah Kota Pekanbaru akan bersamasama memulai transformasi Kota Pekanbaru menjadi kota cerdas. Pencanangan dimulainya uji coba platform Smart City, yakni system Single Window City Dashboard yang ditangani oleh Indosat Ooredoo ini berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi bagi Pemerintah Kota untuk memantau situasi dan laporan masyarakat secara digital dalam satu layar. Dengan platform Single Window City Dashboard, pemerintah kota dapat memantau seluruh fungsi aplikasi smart city dalam satu layar yaitu: - fitur GIS untuk menampilkan data demography ke dalam peta - integrasi dengan aplikasi pemkot yang sudah ada menjadi satu dashboard misalnya egov, e-tax dengan API - integrasi dengan solusi cluster seperti smart light, smart cctv, smart bin dan smart traffic dengan IOT Controller - fitur dispatch yang mampu mendelegasikan tugas ke pejabat pemerintah kota secara otomatis. Penandatanganan MoU Smart City ini adalah bukti bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru ingin lebih baik dalam memberikan layanan kepada masyarakatnya melalui solusi ICT. “Harapan kami dengan penerapan konsep smart city di Pekanbaru ini, pemerintah kota akan lebih cepat, lebih tepat, dan lebih transparan dalam memberikan layanan masyarakat yang jauh lebih baik,” ungkap Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT.

    “Komitmen Indosat Ooredoo adalah untuk menjadi yang terdepan dalam memberikan solusi ICT bagi pelanggan kami untuk mendapatkan kualitas kehidupan yang lebih baik. Bagi Indosat Ooredoo, implementasi smart city adalah suatu lompatan layanan menuju masyarakat yang lebih baik, lebih aman, lebih nyaman, lebih transparan sehingga kami mendukung sepenuhnya penerapan Smart City di Indonesia dengan menyediakan solusi City Dashboard sehingga pemerintah kota dan juga masyarakatnya dapat dengan segera mendapatkan manfaat Smart City dan juga e-library i-Pekan untuk mendukung Smart Society,” pungkas Alexander Rusli, President & Director Indosat Ooredoo.(ea)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Indosat Ooredoo Dukung terwujudnya Smart Society dengan aplikasi i-Pekan & Smart City Dashboard di Kota Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar