Berikut Cara Orang Gila Memberikan Hak Pilihnya 17 April Nanti 

Daftar Isi

    JAKARTA-Orang gila ikut memilih, orang gila akan ikut memberikan suaranya pada Pemilihan Umum tanggal 17 April 2019 mendatang. Namun, tidak semua orang gila diperbolehkan ikut berpartisipasi, hanya mereka-mereka yang sesuai dengan pemeriksaan dokter ahli.

    Untuk proses pemlihan nanti, orang-orang gila ini akan didampingi saat memasuki bilik suara. Dan setelah dibilik suara, mereka akan dibiarkan mencoblos untuk melakukan pemilihan sendiri.

    "Pengawalan ke arah TPS-nya, begitu nyoblos ya sendiri. Dokter sudah bilang bisa kok, dan memilihnya bisa," kata Totok Hardiayanto Kepala Humas RSJD Surakarta. 

    Sebab, secara fisik mereka tidak memiliki kendala seperti tunanetra atau tunadaksa yang membutuhkan pendampingan orang lain atau fasilitas khusus.

    Namun, pengawalan dan penjagaan tetap akan dilakukan oleh pihak rumah sakit untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, pihak rumah sakit juga telah menyiapkan trik tersendiri untuk melancarkan Pemilu 2019 pada 17 April nanti.

    "Misal ini ada 16 bangsal, ya nanti bangsal apa dulu diantar bareng-bareng terus dimonitor. Kan kami juga memikirkan unpredictable-nya. Jangan-jangan nanti kalau lari, kalau apa. Jadi gantian, begitu selesai ganti bangsal lain," ujarnya.

    Bagaimanapun, keselamatan dan keamanan pasien menjadi tanggung jawab rumah sakit kepada pihak keluarga pasien.

    Meskipun sudah dinyatakan siap secara mental, namun tidak ada seorang pun yang bisa menjamin mereka tidak akan melakukan hal-hal tak terduga, misalnya lari.

    Untuk itulah pengawalan dan penjagaan tetap dilakukan. Akan tetapi, Totok tidak menutup kemungkinan adanya pendampingan pasien sampai ke bilik suara jika memang benar dibutuhkan.

    Jika benar ada, hal itu akan ia bicarakan terlebih dahulu dengan Komisi Pemilihan Umum, ketika kembali melakukan sosialisasi.

    Berdasarkan dua kali hasil pemeriksaan pasien-pasien di RSJ Daerah Surakarta, terdapat sekitar 60-an hingga 80-an pasien yang memungkinkan untuk diberikan hak suara dan berpartisipasi dalam pemilu nanti.(haz/tpc)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Berikut Cara Orang Gila Memberikan Hak Pilihnya 17 April Nanti 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar