Tips Menghadapi Kecemasan Saat Wawancara

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kita memang selalu menginginkan Pekerjaan yang sesuai dengan Keahlian Kita, dan tentunya di Perusahaan yang besar dan Gaji yang memuaskan. Namun, sebelum Anda melangkah masuk ke kantor Anda dan memulai Bekerja sesuai dengan yang Anda ingin, Pada umumnya perusahaan terlebih dahulu melakukan Wawancara ataupun biasa disebut Interview.

    Kecemasan terjadi karena Anda terlebih dahulu membayangkan scenario-skenario buruk yang mungkin terjadi saat Interview, salah satu Contohnya ialah seperti Penolakan yang dilakukan HRD.

    Disini Kita akan membahas mengenai Tips-tips agar tidak Gugup atau cemas saat Interview Kerja, Let’s go!

    1. Cari Tahu mengenai Interview di Internet

    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat di Interview, sebaiknya Anda dari jauh-jauh hari sudah menyiapkan diri dan mempelajari mengenai hal atau pertanyaan yang mungkin akan muncul saat di Interview HRD. Salah satu caranya ialah mencari tahu mengenai Interview di Internet. Sama seperti apa yang Anda lakukan saat ini.

    2. Jalan-jalan menghirup Udara Segar

    Udara Segar dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda dalam berbagai Aspek.  Jika Anda melakukan Interview secara Online seperti lewat Hand phone, Cobalah untuk berada di luar ruangan, dan biarkan Tubuh Anda menghirup Udara Segar. Dan jika Anda melakukan Interview secara In-person, sebelum Interview cobalah untuk berjalan-jalan diluar sebelum memasuki Gedung Interview serta cobalah untuk menjernihkan Pikiran Anda.

    3. Konsumsi Pisang sebelum Interview

    Banyak daripada Musisi memakan Pisang tepat disaat mereka akan melakukan Konser Besar didepan para fans dan penonton. Dan juga, beberapa Kombinasi  dari Tryptophan, Potassium, dan beta-blockers dapat mengurangi rasa cemas atau rasa Gugup yang Anda rasakan. Dan juga, banyak Orang mengatakan bahwa Pisang dapat menenangkan Pikiranmu dan membantu tubuh untuk tetap rileks.

    4. Metode S.T.O.P

    Menurut Coach Eksekutif yaitu Chris Charyk, ada beberapa Cara ampuh untuk mengurangi kepanikan dan stress :

    • Hentikan segala apa yang Anda lakukan, dan Fokus terhadap Pikiran Anda
    • Tarik beberapa nafas panjang
    • Coba amati apa yang terjadi pada Tubuh, emosi, dan pikiran Anda, dan mengapa Anda merasakan itu semua.
    • Lalu lanjutkan dengan niat untuk tidak merasakan hal-hal yang sudah Anda amati tadi ke dalam Pekerjaan Anda

    Jika Anda menggunakan Teknik ini, penting bagi Anda untuk tetap tenang dan coba untuk tidak terpaku pada apa yang Anda kerjakan, namun juga terhadap perasaan Anda dan jangan biarkan itu semua mengambil alih Pikiran Anda. Dan Ini juga dapat menenangkan Anda dalam situasi tersulit sekalipun.

    5. Bersiap untuk yang terburuk

    Tak peduli sebesar apa rasa takut Anda, pasti selalu ada jawaban untuk itu. Anda cemas terhadap pertanyaan yang mungkin Anda tidak tau jawabannya? Anda cemas terhadap Rejection? Cobalah untuk bersiap dan belajar mengenai caranya melindungi diri Anda sendiri. Dan coba untuk berpikir ke depan, Anda membuat diri Anda untuk tidak terkejut walaupun dalam Keadaan yang terburuk.

    6. Merencanakan Sesuatu setelahnya

    Jika Anda melakukan Interview secara In-person, tentunya nanti Anda akan duduk diatas Kursi panas didepan beberapa Orang yang bahkan Anda tidak mengenal siapa mereka. Walaupun demikian, cobalah untuk membuat rencana yang dapat menyemangati Anda setelahnya, Makanan Enak? Game? Nge-date bareng Hewan Piaraan ataupun Pacar? Apapun!. Dengan ini, Anda akan bersemangat dalam melakukan Pekerjaan Anda dengan rencana-rencana menyenangkan yang Anda buat.

    7. Coba dengarkan Musik

    Musik dapat menjernihkan Pikiran Anda dari Kecemasan dan Skenario-skenario negative yang Anda cemaskan. Cobalah untuk mendengarkan music saat sebelum melakukan Interview, seperti saat Perjalanan, Sarapan, dan lain sebagainya.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Menghadapi Kecemasan Saat Wawancara
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar