Burung Cangak Merah Dijual Bebas di Pinggir Jalanan 

Daftar Isi


    PEKANBARU-Burung cangak merah, yang masuk dalam kategori satwa liar yang dilindungi undang-undang ternyata di jual bebas di jalanan di daerah Lipat Kain Kampar. 

    Setidaknya ada 14 ekor burung cangak merah yang disita petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Riau dari tangan seorang pemuda bernama Dani, warga Desa Kampung Pinang, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar.

    "Ada 14 ekor burung Cangak Merah diamankan oleh Polisi Kehutanan BBKSDA Riau di Jalan Lintas Pekanbaru - Lipat Kain pada tanggal 12 Februari 2019," ujar Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati

    Ia menjelaskan, kronologis kejadian ketika Polisi Kehutanan bernama Putrapper dan M. Hendri hendak melakukan patroli menuju SM Bukit Rimbang Bukit Baling pada Selasa pagi (12/2) Dalam perjalanan mereka menemukan burung dilindungi tersebut sedang dijual di pinggir jalan oleh seorang pemuda bernama Dani.

    Saat diinterogasi petugas, yang bersangkutan tidak mengetahui bahwa satwa ini merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi oleh Undang-Undang.

    "Petugas segera mengamankan satwa sekaligus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada penjual dan beberapa masyarakat yang berada di sekitar kejadian," katanya seperti dikutip dari Antara.

    14 satwa yang ditemukan di Kabupaten Kampar tersebut, kini berada di kandang transit satwa BBKSDA Riau di Pekanbaru untuk observasi sebelum dilakukan tindakan konservasi lebih lanjut demi kelestariannya.

    Sebelumnya, BBKSDA Riau juga telah diamankan 18 ekor burung Cangak Merah pada Senin 11 Februari 2019 di Jalan Lintas Pematang Reba, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) oleh petugas Bidang KSDA Wilayah I.

    Burung tersebut kini diamankan di Kantor Bidang KSDA Wil. I di Rengat, Kabupaten Inhu.(haz)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Burung Cangak Merah Dijual Bebas di Pinggir Jalanan 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar