UIR Raih Pemeringkatan 3 Bintang Terekognisi QS Stars

Daftar Isi



    LANCANGKUNING.COM,Pekanbaru-Universitas Islam Riau (UIR) resmi meraih pengakuan internasional dari QS Stars dengan memperoleh tiga bintang. QS STARS adalah sistem rating universitas yang mengevaluasi institusi pendidikan tinggi berdasarkan puluhan indikator.

    Quacquarelli Symonds (QS) ialah lembaga yang melakukan penilaian terhadap kualitas pendidikan tinggi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Peringkat maksimum keseluruhan yang dapat dicapai suatu institusi adalah 5+ bintang, sedangkan untuk kategori tertentu adalah 5 bintang.

    Menurut penilaian QS STARS, UIR berhasil mengumpulkan peringkat tiga bintang secara umum. Capaian ini merupakan hasil akumulasi dari berbagai instrumen penilaian, antara lain social impact (5 bintang), good governance (5 bintang), facilities (4 bintang), global engagement (3 bintang), diversity equity and inclusion (3 bintang), programme strength (3 bintang), teaching (3 bintang), employability (2 bintang), dan academic development (2 bintang).

    Saat diwawancara oleh Tim Humas UIR Dr Arbi Haza Nasution, BIT, MIT pada Rabu (26/06/2024) selaku Ketua Tim Kerja Persiapan QS Stars mengatakan pengakuan ini merupakan lompatan yang signifikan bagi UIR dalam mewujudkan visi menjadi kampus berskala global.

    “Kami optimis dengan kerja keras bersama, UIR akan mencapai target peringkat 4 bintang di periode penilaian selanjutnya dengan memaksimalkan instrumen di beberapa kategori diantaranya teaching, global engagement dan academic development,” ujar Arbi Haza.

    Capaian ini tentunya diraih atas usaha dan kerja keras tim. Persiapan penilaian dimulai sejak November 2023 dimana UIR hadir mengikuti program internasionalisasi QS Higher Education Summit selama 4 hari di Kuala Lumpur Malaysia. Untuk memenuhi indikator penialaian pada kegiatan ini UIR memperluas jaringan kerjasama internasional melalui joint research, matching grant, dan student mobility.

    Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL ungkapkan capaian ini tidak lepas dari kerja keras dan kontribusi semua sivitas UIR. “Alhamdulillah tahniah atas capaian UIR raih Bintang 3 oleh QS Stars, terima kasih kepada tim yang sudah bekerja keras, cerdas dan solit semoga berkah untuk institusi dan meningkatkan kepercayaan publik kepada UIR,” ucap Syafrinaldi.

    Selanjutnya, skala nasional UIR menjadi satu diantara 20 Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk dalam daftar QS Stars. Di wilayah LLDIKTI X dan XVII UIR menjadi pioner satu – satunya sekaligus PT pertama yang terekognisi QS Stars.

    Sementara untuk pencapaian indikator, UIR dapat disejajarkan dengan  kampus top dunia melalui perolehan bintang 5 kategori good governance yang saat ini hanya diraih oleh dua kampus serta bintang 5 dalam kategori social impact bersama 84 kampus top dunia lainnya.

    Lebih lanjut, capaian ini menjadi bukti nyata upaya UIR dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan akademik, serta menjadi dorongan bagi seluruh civitas akademika untuk terus berinovasi dan berprestasi di kancah internasional.(rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel UIR Raih Pemeringkatan 3 Bintang Terekognisi QS Stars
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar