KMP Permata Lestari I Terbakar di Pelabuhan Bengkalis, Penyebab Diduga Arus Pendek

Daftar Isi


    Foto: Terlihat kapal roro yang sedang sandar di pelabuhan PT. BLJ terbakar. (Fiza - LancangKuning.com)



    Lancang Kuning, BENGKALIS - Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Permata Lestari terbakar sekitar pukul 11.00 WIB saat sedang stand by di pelabuhan material PT. BUMI Laksamana Bandar Jaya (BLJ) Air Putih Bengkalis. Kebakaran ini diduga akibat arus pendek di ruang penumpang kapal.

    Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Adi Pranoto, mengonfirmasi insiden tersebut. Menurut Adi, kapal tersebut sudah tidak beroperasi sejak 12 Mei 2024.

    "Diduga api berasal dari arus pendek di ruang penumpang. Kapal ini sudah tidak diperpanjang operasinya sejak 12 Mei 2024. Saat terbakar, kapal stand by di pelabuhan PT. BLJ. Kejadian ini menjadi tanggung jawab pihak perusahaan," ujar Adi pada Kamis (23/5/2024).

    Pemadaman api melibatkan dua unit mobil pemadam kebakaran dari Damkar, dan api berhasil dipadamkan dalam waktu singkat.

    "Alhamdulillah, api sudah padam dan kini dalam tahap pendinginan," kata Adi.

    Adi menegaskan bahwa kebakaran ini tidak mengganggu arus pelayaran kapal Roro lain yang melayani rute Bengkalis-Sungai Pakning.

    "Kapal yang beroperasi hari ini hanya dua kapal, sementara tiga kapal lainnya baru kembali dari docking dan menunggu pengecekan untuk operasi. Kejadian ini tidak mengganggu arus penyeberangan," jelas Adi lagi.

    Adi menambahkan bahwa kejadian ini akan menjadi evaluasi untuk memastikan kondisi kapal yang ada ke depan agar kejadian serupa tidak terulang dan pelayanan penyeberangan tetap optimal. (LK/Fz)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel KMP Permata Lestari I Terbakar di Pelabuhan Bengkalis, Penyebab Diduga Arus Pendek
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar