Jelang NATARU, Sejumlah Produk Makanan Tiruan dan Kadaluarsa Beredar di Pekanbaru

Daftar Isi

    Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin.(ft;rana)

    LANCANGKUNING.COM, PEKANBARU-Menjelang perayaan hari natal dan tahun baru, sejumlah produk makanan tiruan dan kadaluarsa mulai beredar dan ditemukan di Kota Pekanbaru. Menanggapi akan hal tersebut Disperindag kota Pekanbaru langsung mengamankan produk tersebut, Rabu (6/12/2023).

    Diketahui produk makanan tiruan dan kadaluarsa yang mulai beredar tersebut terdiri dari produk ikan berkemasan kaleng hingga cokelat.

    Penemuan ini ditemukan pada saat gabungan tim Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru bersama tim Balai Besar POM sedang melakukan inspeksi ke salah satu swalayan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru pada hari Senin lalu, (4/12/23).

    Sebelumnya tim gabungan telah mendapatkan informasi perihal peredaran produk makanan tiruan. Sehingga dilakukanlah pemeriksaan dan ternyata tim mendapati sejumlah produk makan tiruan di swalayan tersebut. 

    "Ya, pada saat itu kita langsung memberikan peringatan kepada pengelola swalayan tersebut agar dapat menarik sejumlah produk tiruan dari rak jualan," ucap Zulhelmi Arifin selaku Kepala Disperindag Kota Pekanbaru.

    Tidak hanya produk tiruan yang beredar, sejumlah produk yang sudah kadaluarsa pun juga masih terpajang di rak jualan.

    Tim gabungan pun dengan segera mengamankan produk yang telah kadaluarsa tersebut dan menelusuri distributornya.

    "Yang kita amankan itu sejauh ini adalah produk ikan kalengan dan cokelat. Selanjutnya kita akan telusuri siapa distributornya," tambahnya.

    Setelah penarikan, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh tim gabungan adalah melakukan pengawasan hingga ke gudang. 

    Sebagai penegasan tim gabungan memberikan peringatan kepada pihak pengelola swalayan untuk tidak menjual produk tiruan dan produk yang sudah kadaluarsa. 

    Sanksi akan diberikan kepada pengelola yang masih tetap menjual dan memajang produk tiruan maupun kadaluarsa.

    Terakhir, Kepala Disperindag menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah tergiur membeli produk dengan diskon besar-besaran menjelang perayaan natal dan tahun baru ini.

    "Diharapkan kepada masyarakat untuk selalu waspada dalam membeli suatu produk dengan diskon murah. Cek terlebih dahulu tanggal kadaluarsanya. Supaya aman untuk dikonsumsi," tutupnya.

    Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya pembelian barang tiruan dan kadaluarsa yang dilakukan oleh masyarakat dan khalayak ramai apalagi sampai membahayakan kesehatan.(ran)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jelang NATARU, Sejumlah Produk Makanan Tiruan dan Kadaluarsa Beredar di Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar