Sandiaga Uno: Pacu Jalur Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Daftar Isi

    Menparekraf Sandiaga Uno mengangkat dayung, membuka Festival Paxu Jalur tahun 2022 lalu.(ft:kilasriau.com)

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Festival Pacu Jalur Tradisional 2023 di Kota Telukkuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, 
    Minggu (27/8/2023) telah resmi ditutup. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan event seperti ini akan membuka peluang meningkatnya taraf perekonomian masyarakat .

    Event-event ini akan membuka peluang usaha, akan menggeliatkan ekonomi, akan terlihat UMKM-UMKM yang mendapatkan omset lebih tinggi. Juga memberi dampak langsung bagi masyarakat di Kuansing,” kata Sandiaga Uno.

    Menparekraf juga menyebutkan Festival Pacu Jalur telah menjadi salah satu bagian dari 110 event dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023.

    Pacu jalur merupakan tradisi yang sarat akan nilai sejarah. Jalur dalam bahasa daerah Kuansing diartikan sebagai sampan atau perahu yang panjang. Pada tahun ini Festival Pacu Jalur dihelat mulai 23 hingga 27 Agustus 2023 yang diikuti oleh 193 jalur, baik dari Kabupaten Kuansing maupun jalur dari kabupaten lain yang ada di Riau. 

    Saban Agustus acara ini digelar di Tepian Narosa, Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Di setiap jalur yang ditumpangi ada tukang concang alias pemberi aba-aba, tukang pinggang atau juru mudi, tukang tari dan tukang onjay. 

    Untuk tahun ini, Pemprov Riau sudah menyiapkan hadiah, totalnya sekitar Rp 250 juta untuk para pemenang. Ada juga dari Pemda Kuansing sebesar Rp 300 juta. Banyak juga masyarakat Kuansing yang juga menyiapkan hadiah, secara pribadi.(rie)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sandiaga Uno: Pacu Jalur Tingkatkan Perekonomian Masyarakat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar