Tips Membeli Rumah untuk Tempat Tinggal yang Nyaman untuk Jangka Panjang

Daftar Isi

    virginiaparkMempunyai rumah adalah salah satu impian semua orang, terutama anak muda yang mulai melek investasi. Anda bisa membeli rumah di sejumlah daerah yang nyaman serta strategis dalam aksesnya, termasuk dari perumahan Virginia Park Makassar.

    Tips Membeli Rumah

    Sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah di perumahan, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja tips dalam membeli rumah. Daripada berlama-lama, lebih baik langsung simak ulasannya berikut ini.

    1. Membeli Melalui Situs Properti

    Era modern ini kini memudahkan Anda dalam membeli sesuatu termasuk rumah. Ya, Anda bisa mencari rumah idaman Anda hanya melalui situs properti di internet. Cara ini bisa Anda gunakan apabila Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan survey langsung di tempat.

    Apabila Anda mempunyai banyak waktu luang, Anda pun bisa langsung mengunjungi alamat yang dimaksud dalam situs properti rumah pilihan Anda untuk mengetahui lebih jauh mengenai lokasi dan keadaan rumah.

    1. Perhatikan Lokasi dan Akses

    Salah satu faktor penentu seseorang memilih rumah ialah dari faktor lokasi dan akses. Rumah yang berada di pusat kota tentu akan memudahkan Anda untuk bepergian kemana-mana. Sementara, rumah yang lokasinya cukup jauh dari pusat kota atau dekat dengan pedesaan, akan memberikan kenyamanan yang lebih alami.

    Akses yang mudah juga tentunya akan menjadi pilihan agar Anda bisa lebih mudah mengakses jalan raya atau fasilitas umum. Perlu diketahui, umumnya harga rumah di pinggiran kota mempunyai harga yang lebih murah, namun akses dan waktu menuju pusat kota mungkin akan lebih menghabiskan waktu.

    1. Fasilitas Rumah dan Sekitarnya

    Saat membeli rumah, tentu Anda akan memperhatikan fasilitas yang dimilikinya. Terdapat fasilitas rumah apa saja yang tersedia. Ini berlaku apabila Anda membeli rumah yang langsung jadi atau siap huni.

    Selain fasilitas rumah, Anda juga perlu memperhatikan fasilitas sekitar rumah. Misalnya apakah dekat dengan supermarket, mesin ATM, rumah sakit, dan sebagainya sebagai fasilitas umum yang menunjang aktivitas Anda setiap hari.

    1. Perhatikan Harga dan Skema Pembayaran

    Selanjutnya adalah perhatikan harga dan skema pembayaran. Tujuan dari perbandingan harga setiap rumah ialah supaya Anda mengetahui rumah mana yang paling pas dengan kondisi keuangan.

    Selain itu, skema pembayaran juga tidak kalah penting untuk Anda pertimbangkan apabila ingin membeli rumah secara KPR. Perlu diketahui bahwa apabila memilih dengan cara KPR, maka harga total yang harus dibayarkan akan melambung tinggi dibanding harga beli tunai.

    1. Spesifikasi Material Bangunan Rumah

    Mungkin ini kurang terlalu diperhatikan bagi sebagian orang saat membangun atau membeli rumah. Padahal, spesifikasi material adalah faktor krusial sangat perlu diketahui oleh pembeli rumah.

    Anda bisa melihat berbagai pertimbangan mulai dari rumah berdinding batu bata yang lebih kokoh dibanding batako, lantai dengan plat beton akan lebih awet dibanding semen dan keramik, serta angka atap dengan baja ringan yang lebih ringan dibanding kuda-kuda kayu.

    1. Desain Rumah

    Selain memperhatikan dari spesifikasi material, selanjutnya adalah desain. Bentuk rumah mencerminkan siapa pemiliknya. Pastikan Anda memilih rumah dengan desain yang cocok dengan selera Anda atau keluarga yang akan menghuni.

    Apalagi saat ini sudah banyak model desain rumah yang minimalis, modern, dan elegan walaupun luas bangunan atau luas tanahnya yang tidak terlalu luas. Anda bisa mencari referensi desain rumah di berbagai sumber seperti internet, buku, atau majalah.

    Biasanya, ada majalah atau buku khusus yang berisi tentang desain-desain rumah dan feng shui. Anda bisa memanfaatkan majalah atau buku tersebut sebagai sumber untuk mencari referensi model atau desain rumah yang Anda inginkan.

    1. Potensi Perubahan Rumah

    Membeli rumah seperti investasi jangka panjang. Anda harus dapat mengetahui seperti apa nantinya rumah tersebut di masa yang akan datang. Ada beberapa yang bisa menjadi pertimbangan Anda saat membeli sebuah rumah.

    • Apakah Anda akan menjual rumah dalam waktu dekat dan membeli rumah di tempat lain?

    • Apakah Anda akan menambah kamar apabila memiliki anak?

    • Apakah ada niat untuk merawatnya seumur hidup atau mewariskannya ke anak-anak?

    Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu dicermati dengan baik dan matang agar saat sudah memiliki rumah, nantinya Anda bisa memperlakukan rumah tersebut harus seperti apa.

     

    Itu dia pembahasan mengenai tips membeli rumah. Membeli rumah adalah hal yang tidak mudah dan cepat, perlu memiliki perencanaan yang tepat baik dari segi niat, keuangan, dan kesediaan Anda dalam mengurus semuanya.

     

    Walaupun begitu, apabila rumah sudah siap huni, tentu Anda akan merasa bahagia karena sudah bisa memiliki rumah idaman sendiri. Selain itu, Anda juga bisa mengkreasikan sendiri rumah Anda sesuai dengan selera Anda.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Membeli Rumah untuk Tempat Tinggal yang Nyaman untuk Jangka Panjang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar