Gajah Mati Diracun di Distrik Nillo, BBKSDA Riau Ingatkan Semua Pihak

Daftar Isi

    Gajah yang mati diracun di Distrik Nillo, Kabupaten Pelalawan (ft:tribunnews)

    LANCANGKUNING.COM,PELALAWAN-Badan Bersama Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau mengingatkan semua pihak untuk dapat menjaga kelangsungan satwa yang dilindungi. Ini disampaikan Kepala BBKSDA Riau Genman S Hasibuan setelah ditemukan gajah jantan mati di racun di sekitar Kantong Tesso Tenggara, Distrik Nillo.

    Di lokasi tempat ditemukannya hewan yang dalam bahasa latin disebut Elephas maximus sumatranus ini ditemukan satu kantong plastik berisi gula merah. Diduga gula merah ini adalah umpan yang telah dicampur dengan racun. 

    "Setelah dilakukan investigasi dan nekropsi, kematian gajah diduga karena keracunan yang menyebabkan gangguan terhadap saluran pernapasan dan peradangan pada saluran pencernaan serta lambung," terang Genman.

    Untuk memastikan penyebab kematian gajah lebih lanjut, BBKSDA Riau telah menyisihkan organ dalam gajah untuk dilakukan uji laboratorium.

    Dijelaskan Genman, gajah tersebut merupakan gajah jantan yang berusia sekitar 10-12 tahun. Saat ditemukan, gading dalam kondisi lengkap dan tak ada bagian tubuh yang luka maupun hilang.

    "Lokasi kejadian ini merupakan areal terbangun yang sudah ditanami sawit oleh masyarakat yang berada di dalam areal konsesi HPHTI di Distrik Nilo Kabupaten Pelalawan," lanjutnya.

    Dikatakannya, saat ini pihaknya tengah menindaklanjuti terkait kejadian tersebut. Selanjutnya, BBKSDA Riau akan mengumpulkan bahan dan keterangan serta berkoordinasi dengan penegak hukum untuk upaya hukum lebih lanjut.

    "Ditambah lagi mengingat fungsinya sebagai salah satu faktor mempercepat pemulihan ekosistem hutan dan sebagai titipan untuk generasi mendatang," kata Genman.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gajah Mati Diracun di Distrik Nillo, BBKSDA Riau Ingatkan Semua Pihak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar