Gaji PNS Naik Lagi?

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM,JAKARTA-Setelah kabar akan segera dicairkan gaji ke-13, pemerintah memberi kabar lain yakni akan ada kenaikan gaji PNS untuk tahun 2024. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, rencana itu sedang digodok bersama Presiden Joko Widodo.

     ‘’Kenaikan gaji PNS in sya Allah sedang digodok dengan Presiden. Beliau mempertimbangkan,’’ ujar Sri Mulyani di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (30/5).

     Ani masih belum memerinci berapa persentase kenaikan yang diusulkan. Meski begitu, rencana kenaikan gaji PNS itu nantinya akan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada pidato kenegaraan RUU APBN 2024 yang akan dilakukan 16 Agustus mendatang.

     ‘’Nanti beliau yang akan umumkan saat RUU APBN 2024 disampaikan,’’ ujarnya. 

     Saat ini, ia belum bisa memastikan apakah sistem penggajian PNS akan diubah. Hal itu seperti yang direkomendasikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) beberapa waktu lalu.

     ‘’Kalau kita di Kementerian Keuangan melihat amplop besarnya berapa kira-kira keperluannya,’’ jelas Bendahara Negara.

     Wacana kenaikan gaji PNS sebelumnya juga diusulkan oleh Menpan-RB Abdullah Azwar Anas. Usulan itu disampaikan Azwar Anas menyusul rencana pemerintah merombak aturan tunjangan kinerja (tukin) bagi para PNS. 

     ‘’Karena sekarang dipukul rata, tunjangan kinerja menjadi hak, ya kinerjanya begitu-begitu saja. Oleh karena itu, kita usulkan ada gaji yang agak dinaikkan. Ini sedang dibahas bersama Menteri Keuangan,’’ jelasnya, baru-baru ini. 

     Presiden Jokowi Dia menceritakan, pembahasan perubahan skema pemberian tukin dan kenaikan gaji PNS bersama menteri keuangan bukan hal yang ringan dilakukan. Ia mengaku membahas kebijakan itu bersama Menkeu Sri Mulyani hingga larut.

    ‘’Ini rumusannya kita rumuskan terus, begitu soal ini kita agak sulit dengan Kemenkeu. Kita duduk siang malam soal ini, tentang tunjangan dan kenaikan ini kan selama ini kenaikannya tidak disentuh tapi tunjangannya berlipat,’’ tuturnya.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gaji PNS Naik Lagi?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar