Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim (Tahura SSH), Objek Wisata Hutan Lindung Yang Sangat Indah yang Ada di Riau

Daftar Isi

    Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim (Tahura SSH) merupakan kawasan pelestarian alam yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan No. 348/Kpts-II/1999 tanggal 26 Mei 1999 seluas 6.172 Ha. Kawasan Tahura SSH meliputi 3 kabupaten/kota yaitu Kabupaten Kampar seluas 3.041,81 Ha, Kabupaten Siak seluas 2.323,33 Ha dan Kota Pekanbaru seluas 806,86 Ha.

    Nama Kawasan Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim diambil dari nama ayahanda Sultan Syarif Qasim yang dikenal sebagai pahlawan nasional asal Riau. Penggunaan nama ini untuk mengabadikan jasa pahlawan yang diharapkan semangat dan nasionalisme kepahlawanannya menjadi teladan bagi generasi sesudahnya.

    Tahura memiliki keragaman jenis flora yang cukup tinggi. Flora ini mewakili kondisi hutan dengan tipe hutan hujan dataran rendah. Terdapat lebih 127 jenis flora yang ada di Tahura ini. Berbagai flora yang sulit dijumpai karena pembalakan liar, namun di Tahura dapat ditemukan seperti jenis meranti, keruing, kulim dengan berbagai ukuran diameter.

    Untuk mewujudkan pengembangan keanekaragaman ini pihak UPT Tahura SSH telah melakukan inventarisasi jenis pohon untuk dijadikan sebagai tegakan sumber benih serta berencana akan menambah beberapa jenis koleksi tumbuhan seperti Jelutung, Ramin, Bulian (Ulin) dll. UPT Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim, bekerja berdasarka Peraturan Gubernur Riau Nomor 44 Tahun 2008 tanggal 24 Desember 2008 di bawah naungan Dinas Kehutanan Provinsi Riau.

    Kawasan Tahura SSH juga memiliki berbagai jenis fauna, ada 42 jenis burung, 4 jenis reptilia dan 16 jenis mamalia. Dari 42 jenis burung yang ada terdapat satu jenis burung yang hanya ada di Sumatera yaitu burung serinfit melayu.

    Kawasan alam Tahura yang merupakan potensial sebagai tempat wisata juga terdapat beberapa objek dan sarana yang dapat dinikmati jika berada di kawasana ini. Seperti, sumber air, panorama alam hutan, pendopo, camping ground, bumi perkemahan, tempat bermain anak, Kantor dan Guest House, Sarana Ibadah, Panggung Kesenian, gazebo, Jogging Trac, sarana outbond. 

    Para pengunjung dapat menikmati kawasan ini dengan kegiatan alam seperti, lintas alam ataupun berkemah. Kawasan Taman Hutan Raya juga bisa dijadikan ajang olahraga bagi yang suka tantangan seperti, sepeda gunung, motor trail di dalam Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim (Tahura SSH), Objek Wisata Hutan Lindung Yang Sangat Indah yang Ada di Riau
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait