78 Persen SMP di Pekanbaru Siap Ikuti UNBK

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi


    LancangKuning.Com, PEKANBARU -- Dari pendataan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, sebanyak 78 persen Sekolah menengah Atas (SMP) sederajat baik negeri dan swasta di Pekanbaru siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), jumlah ini melebihi melebihi target yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar 75 persen.

    "Terjadi peningkatan yang cukup signifikan terhadap jumlah sekolah ttinggak SMP yang siap melaksanakan UNBK tahun ini, jika tahun lalu hanya berkisar pada angka 40 persen, tahun ini mencapai 78 persen, walaupun ada yang mandiri dan yang menumpang. Jumlah ini bahkan melebihi target yang ditetapkan pusat, yakni 75 persen," jelas Kepala Disdik Riau Abdul jamal, Kamis (31/1), dikutip dari MediaCenterRiau.

    Dijelaskan Jamal, jumlah sekolah yang akan mengadakan UNBK tahun ini sebanyak 127 sekolah baik negeri maupun swasta. Kedepan diharapkan jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK ini di Pekanbaru bisa 100 persen. "Kalau untuk MTs semuanya tahun ini sudah melaksanakan UNBK," jelas Jamal.

    Mengenai persiapan pelaksanaan Ujian Nasional, Jamal menyebut sejauh ini persiapan UN di Kota Pekanbaru telah berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan.

    Baca Juga: Ini Jadwal Pelaksanaan USBN 2019 Tingkat SD dan MI

    "Yang jelas kita telah melalui tahapan-tahapannya. Mulai dari pendataan siswa SMP/MTs yang akan mengikuti UN, verifikasi daftar nominasi tetap (DNT), verifikasi daftar nominasi sementara (DNS), sekolah yang UNBK ataupun tidak, ini telah kita daftarkan," ulasnya.

    Jamal juga menambahkan bahwa sosialisasi pelaksanaan UNBK ini juga telah dilakukan pada kelompok sekolah SMP, dan kelompok kepala sekolah MTs sederajat, dengan melakukan pertemuan.

    ''Dengan pihak PLN kita juga lakukan koordinasi, intinya kita berharap pada hari pelaksanaan UNBK, tidak terjadi pemadaman listrik," ungkapnya.

    Baca Juga: Menjelang UN, Ini 5 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online untuk Anak SD

    Dari data yang diperoleh, data sekolah yang melaksanakan UNBK di antaranya, SMP negeri sebanyak 39 sekolah, SMP swasta 58 sekolah, MTs negeri ada 3 sekolah, dan MTs swasta 27 sekolah.

    Sedangkan sekolah yang masih melaksanakan ujian nasional kertas dan pensil (UNKP) berjumlah 35 SMP. Tiga SMP negeri dan 32 SMP swasta.(LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 78 Persen SMP di Pekanbaru Siap Ikuti UNBK
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar