Kebakaran lahan gambut di Aceh Barat meluas

Daftar Isi

     
    Foto: Kebakaran lahan gambut terlihat di Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Selasa (29/1/2019). Kebakaran lahan gambut tersebut menimbulkan kabut asap yang menggangu pengguna jalan di kawasan tersebut.

     

    LancangKuning.Com, Banda Aceh - Kebakaran lahan gambut kering yang terjadi di dua gampong atau desa di Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Aceh Barat, belum berhasil dipadamkan dan kini meluas ke satu desa yang lain.

    "Menjadi tiga gampong, yakni Leuhan, Lapang, dan Suak Raya di Johan Pahlawan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Rabu.

    Baca Juga: Peluang besar mobil listrik berbasis baterai di Indonesia

    Personel dari berbagai lembaga termasuk TNI dan Polri, ia mengatakan, masih terus berusaha memadamkan api yang membakar lahan gambut kering dengan menggunakan dua mobil pemadam kebakaran.

    Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat menerima laporan mengenai kebakaran tersebut dari warga setempat pada Selasa (29/1) sekitar pukul 15.00 WIB, dan menindaklanjutinya dengan menurunkan tim reaksi cepat ke lokasi kejadian.

    Hingga kini, sedikitnya sekitar enam hektare lahan gambut kering terbakar di Gampong Lapang, sementara luas area lahan gambut yang terbakar di Gampong Leuhan dan Gampong Suak Raya masih dalam pendataan.

    Baca Juga: Ini Jadwal Kepulangan Ustadz Arifin Ilham ke Tanah Air

    "Untuk penyebab kenapa gambut kering ini terbakar, masih dalam penyelidikan aparat hukum setempat," kata Ahmad Dadek, dilansir dari AntarNews.

    Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Aceh Barat Azwar mengatakan tim reaksi cepat terus memantau perkembangan di lapangan, dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memadamkan api yang membakar lahan gambut di desa-desa tersebut.

    "Kami pastikan, tidak ada korban jiwa maupun korban yang mengungsi akibat kejadian terbakar lahan gambut," katanya. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kebakaran lahan gambut di Aceh Barat meluas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar