Riau Gelar Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi

    Lancang Kuning, PEKANBARU -- Pelaksanaan sertifikasi pembimbing manasik haji Provinsi Riau Tahun 2022 resmi digelar di Aula kedatangan Asrama Embarkasi Antara Provinsi Riau, Kamis (15/12/2022) malam.

    Kegiatan sertifikasi ini dibuka oleh Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Riau Mahyudin, Dekan Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau Imron Rosidi dan tamu undangan lainnya.

    Kegiatan sertifikasi pembimbing manasik haji ini berlangsung selama 10 hari, yaitu 15-25 Desember 2022 dengan jumlah peserta 34 orang. 

    Untuk diketahui, dasar penyelenggaraan kegiatan ini yaitu UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji yang telah diubah dengan UU Nomor 34 Tahun 2009 tentang penyelenggaraan ibadah haji.

    Kemudian, UU Nomor 13 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan ibadah haji, Keputusan Dirjen Kemenag RI Nomor B2/223/2015 tentang pedoman sertifikasi pembimbing manasik haji. 

    Para peserta sertifikasi pembimbing manasik haji akan mengikuti kegiatan tes wawancara, ceramah berdialog, diskusi, praktik manasik haji, evaluasi, broadcast dan kelulusan.

    Ketua Panitia Penyelenggara Muhammad Nasir Kholis mengatakan, bahwa para pembimbing manasik haji merupakan satu elemen pokok dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan ibadah haji. 

    "Sebab, para pembimbing haji memiliki peranan penting dalam meningkatkan wawasan, kemampuan dan keterampilan jamaah haji dalam memahami dan melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji yang dijalaninya," kata Nasir Kholis.

    Ia mengungkapkan, melalui kegiatan sertifikasi haji ini, para pembimbing akan dipertajam peranannya sebagai percontohan dalam pembinaan, pelayanan dan perlindungan para jamaah haji.

    Tujuan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas, penyelenggaraan ibadah haji melalui sertifikasi pembimbing ibadah haji Provinsi Riau angkatan pertama "Jadi nanti, insyallah akan ada angkatan - angkatan selanjutnya," ungkapnya.

    Selain itu, tujuan lainnya untuk meningkatkan kualitas, kreativitas, dan integritas pembimbing manasik haji. Hal ini agar pembimbing  mampu melakukan berbagai aktualisasi potensi diri dan tugasnya secara profesional, guna menunjukkan jamaah haji yang mandiri dalam ibadah dan perjalanannya.

    "Kegiatan ini juga untuk memberikan pengakuan juga perlindungan atas profesionalitas pembimbing manasik haji dalam melaksanakan tugas tanggung jawab," ujar Nasir Kholis.

    Sementara itu, Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy mengatakan, penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional dan menjadi tanggung jawab pemerintah dibawah koordinasi menteri agama.

    Dalam melaksanakan tugas tersebut, Menteri Agama melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan kementrian dan instansi terkait.

    Oleh sebab itu, penyelenggaraan ibadah haji memerlukan kerja sama yang erat dan koordinasi intensif, sehingga memerlukan SDM yang handal dan amanah.

    "Kami menyambut baik dengan dilaksanakannya kegiatan pembukaan sertifikasi pembimbing manasik haji profesional Tahun 2022 yang dilaksanakan" kata Masrul.

    Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap SDM yang bersertifikasi dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi Calon Jamaah Haji kedepannya. 

    "Kami berharap para peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan baik serta semuanya lulus dan berhak memperoleh sertifikasi," harapnya.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Riau Gelar Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar