Tempat Magang Jurusan DKV Pekanbaru

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Bagi mahasiswa maupun siswa di sekolah kejuruan seperti SMK, magang bukanlah istilah baru. Pasalnya, magang menjadi persyaratan utama untuk mahasiswa dan siswa SMK agar dapat lulus dan merengkuh gelar sarjana.

    Magang merupakan program latihan kerja yang menerapkan kompetensi atau bidang keilmuan yang ditekuni  selama di kampus atau sekolah untuk dipraktikkan langsung di dunia kerja. Dengan demikian, mahasiswa akan memahami dunia kerja dan sistemnya secara profesional.

    Di tingkat sekolah kejurusan, semua siswa jurusan diharuskan untuk mengikuti program magang. Tapi tidak demikian di perguruan tinggi. Kendati tidak semua jurusan di perguruan tinggi mengharuskan mahasiswanya untuk ikut program magang, namun tetap dianjurkan untuk memperoleh keterampilan yang lebih baik lagi karena diperoleh langsung di industri kerja sesuai jurusan mahasiswa.

    Di dunia kerja magang juga sangat penting, bahkan sejumlah perusahaan membuka program magang dan menyertakan sertifikat bagi mahasiswa yang mengikuti magang.

    Meski terdengar hanya sebagai persyaratan lulus sekolah atau meraih sarjana saja, ternyata magang juga diatur dalam perundang-undangan, terutama dalam Undang-Undang tentang ketenagakerjaan hingga tertera pula dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Jadi magang tidak bisa dilakukan sembarangan, apalagi ada hak dan kewajiban yang harus diperoleh mahasiswa maupun perusahaan sebagai lembaga yang memfasiitasi program magang tersebut. Sehingga, dibutuh persyaratan dan ketentuan yang harus diberlakukan.

    Manfaat Magang

    Mahasiswa magang kebanyakan mungkin akan diperlakukan layaknya asisten atau tenaga bantuan untuk divisi tertentu yang sesuai jurusan tentunya. Namun, ada banyak manfaat yang diperoleh dari mengikuti program magang. Apa saja? Berikut di antaranya:

    1. Membuka Wawasan

    Sebagai mahasiswa, tentunya masih sangat awam dengan industri kerja. Beda halnya jika kamu adalah mahasiswa yang bekerja sambil bekerja. Layaknya gerbang, magang menjadi awal untuk mahasiswa menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

    Saat magang kamu akan mengenal segala hal tentang dunia kerja. Sejumlah wawasan tentang jurusan yang kamu tekuni akan kamu peroleh selama menjalani program magang. Wawasan yang didapatkan saat magang tentunya menjadi bekal untuk kamu lebih siap memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

    2. Kembangkan Keahlian

    Secara tidak langsung, tugas-tugas yang dikerjakan saat magang akan mengasah keahlian kamu di jurusan yang ditekuni. Kamu dapat mempelajari banyak hal dari tugas-tugas yang diperoleh.

    Seperti yang diketahui, keahlian sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Bahkan, keahlian lebih berharga dari pada deretan angka yang tertera di transkrip nilai yang didapatkan di bangku kuliah. Keahlian dianggap sebagai bukti bahwa seseorang mampu mengerjakan suatu pekerjaan.

    3. Perluas Jaringan

    Jaringan atau relasi merupakan suatu hal yang penting dalam industri kerja. Dari program magang, mahasiswa akan berkesempatan bertemu orang-orang baru yang berpengalaman di dunia kerja.

    Nantinya, jaringan yang diperoleh saat magang akan sangat berguna saat kamu benar-benar terjun ke dunia kerja.  Jaringan dianggap sebagai investasi untuk masa depan.

    Tempat Magang Jurusan DKV Pekanbaru

    Seperti jurusan-jurusan lainnya, mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) juga diharuskan untuk mengikuti program magang. DKV adalah jurusan yang mempelajari tentang cara menyampaikan pesan melalui elemen-elemen dalam bentuk rupa atau visual.

    Mahasiswa DKV diajarkan untuk mampu dalam mengolah suatu pesan secara komunikatif, informatif, serta efektif dan kreatif. Sehingga, pesan yang disampaikan dapat menjangkau sasaran dan memperhatikan unsur rupa dan bentuk, tekstur, warna, huruf, tekstur, ruang, dan setiap hal terkait penglihatan atau visual.

    Di sebagian perguruan tinggi maupun sekolah kejuruan, akan menentukan tempat magang bagi masiswanya. Namun, tidak sedikit pula yang membebaskan mahasiswa untuk memilih tempat magang, dan tentunya sesuai dengan jurusan, seperti DKV.

    Nah, di Pekanbaru, salah satu perusahaan yang membuka program magang adalah Garuda Cyber Indonesia. Garuda Cyber Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT Software Development sehingga sangat cocok untuk jurusan DKV yang tidak bisa lepas dari dunia digital atau teknologi informasi.

    Untuk dapat magang di Garuda Cyber Indonesia, kamu hanya perlu melengkapi sejumlah persyaratan. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi Garuda Cyber Indonesia di Jalan HR Soebrantas No. 188 Panam, Pekanbaru.

    Contact Person : 0811-7692-800

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Magang Jurusan DKV Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar