KPU Tak akan Lagi Beri Kisi-kisi Soal Debat Capres

Daftar Isi

    Foto: Komisioner KPU Wahyu Setiawan


    LancangKuning. Com,  Jakarta - KPU memutuskan tidak lagi memberikan abstraksi alias kisi-kisi materi pertanyaan debat capres ke pasangan calon. Keputusan ini diambil dalam evaluasi debat pertama capres.

    "Salah satu evaluasi, kita rekomendasikan untuk debat berikutnya, abstraksi soal yang dibuat panelis tidak diberitahukan kepada paslon," ujar komisioner KPU,Wahyu Setiawan, saat dihubungi, Sabtu (19/1/2019).

    Keputusan ini diambil KPU dengan evaluasi yang diterima dari banyak pihak, termasuk masyarakat. Tujuan penghapusan kisi-kisi ke paslon sebelum debat, agar capres cawapres bisa tampil dengan performa terbaik.

    "Agar debat kedua lebih substansial, edukatif, menarik, sekaligus mengeksplorasi performa kandidat," sambungnya, dilansir dari Detik. Com

    Baca Juga: Debat Pilpres II Diprediksi Seru, Tanpa 'Bocoran' dari KPU

    KPU pada debat kedua tetap akan memilih panelis untuk debat bertema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Panelis akan menyiapkan daftar pertanyaan ke paslon. Namun kisi-kisinya tak diberikan ke pasangan capres-cawapres.

    Selain soal kisi-kisi materi soal debat yang tak lagi diberikan ke paslon, KPU mengevaluasi durasi debat.

    "Durasi jadi bagian dalam evaluasi. Kita sudah punya rekomendasi dari evaluasi, misal waktu pemaparan visi-misi program dari kandidat, kita tambah waktunya. Kemudian waktu untuk saling bertanya kita rekomendasikan ditambah waktunya," sambung Wahyu. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel KPU Tak akan Lagi Beri Kisi-kisi Soal Debat Capres
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar