Perjuangkan Harga Kelapa, Bupati Wardan Audiensi dengan Kemenristek Dikti

Daftar Isi

    Foto: Penyerahan plakat dari pemda inhil oleh Bupati kepada Dirjen Kemenristek Dikti RI.
     

    LancangKuning. Com,  JAKARTA – Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan turunan kelapa yang ada di Kabupaten Inhil, Bupati HM. Wardan melakukan audiensi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEK DIKTI) RI yang diwakili Dr. Ir. Jumain Appe M. Si (Direktur Jendral Inovasi dan Penguatan) bersama Eka Gandara (Kasubdit kemitraan strategis dan wahana inovasi Kemenristek Dikti), diruang rapat pulau Sepa 2 hotel mercure Pantai Indah Ancol Jakarta Utara, Jum’at (18/01/2019).

    Pada kesempatan tersebut Bupati HM. Wardan didampingi Sekda, Asisten II, Kepala Bappeda beserta Kabid, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis Perkebunan, Plt. Kadis Perindag, Kabag Ekonomi & SDA serta Kasubbag.

    “Kedepan Kabupaten Indragiri Hilir akan dijadikan Klaster Kelapa di Indonesia dengan 3 hal; mendorong kerativitas, melakukan inovasi, interprenership,” ungkap Dirjen Kemenristek Dikti Dr. Ir. Jumain Appe, M. Si.

    Beliau menambahkan, Kelapa semuanya bisa dimanfaatkan mulai dari daging sampai pohonnya. Untuk itu kita mendorong kelapa menjadi produk unggulan Nasional. Untuk itu kita harus memberikan pengetahuan kepada masyarakat sehingga bisa menguntungkan ekonomi masyarakat dengan tujuan mendorong kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan Konsep dari hulu hingga hilir.

    “Untuk itu, Kemenristek Dikti RI akan Daerah-daerah yang berpotensi bisa dikembangkan kedepanya”, Tutup Dirjen. kedepan bagaimana kita sama-sama mabangun perkelapaan di Inhil yang unggul dimasa yang akan datang.

    Sementara itu, Bupati HM. Wardan dihadapan Dirjen KEMENRISTEK DIKTI RI menyampaikan, bahwa luas wilayah Kabupaten Inhil merupakan Kabupaten terluas dari 12 Kabupaten Di Provinsi Riau. Dengan memiliki wilayah seluas itu masyarakat Inhil sebagian besar bergantung pada kelapa.

    Bupati menambahkan ada 1500 turunan kelapa menurut Prof. Wisnu. Disamping, permasalahan yang dihadapi masyarakat sebagai petani kelapa, diantaranya; Kondisi kelapa yang sudah tua. Beliau juga mengatakan, dengan ketergantungan masyarakat inhil kepada Komunitas kelapa, kami sangat mengharapkan Adanya inovasi baru dari Pemerintah Pusat.

    Sekda yang ikut mendampingi Bupati saat audiensi dengan Dirjen Kemenristek Dikti RI menambahkan, “mengingat wilayah Kabupaten inhil merupakan wilayah yang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Negara Singapore dan Malaysia. Dari segi ekonomi ini sangat menguntungkan”.

    Audiensi Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir ini juga turut dihadiri, Prof.Wisnu dan beberapa Dunia Usaha yang bahan dasarnya kelapa. Di akhir acara di lanjutkan dengan penyerahan plakat dari pemda inhil oleh Bupati kepada Dirjen Kemenristek Dikti RI. (Adv)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perjuangkan Harga Kelapa, Bupati Wardan Audiensi dengan Kemenristek Dikti
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar