Ibu di Pekanbaru Ini Serahkan Owa Ungko ke BBKSDA

Daftar Isi

    Foto: Penyerahan satwa dilindungi ke BBKSDA Riau

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Seorang warga Kota Pekanbaru, Reslita menyerahkan seekor owa ungko (hylobates agilis) berusia sekitar 7,5 tahun ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

    "Benar kita telah menerima penyerahan owa ungko dari buk Reslita. Reslita sudah merawat satwa tersebut selama tujuh tahun," kata Humas BBKSDA Riau, Dian Indriyati, Jumat (15/7).

    Dian menceritakan, awal mula Reslita mendapatkan owa dari pasar hewan. Dimana Reslita membeli hewan itu lantaran kasihan. Reslita baru mengetahui setelah dirawat selama tujuh tahun bahwa owa yang diberi nama Momo tersebut merupakan salah satu satwa yang dilindungi.

    "Setelah tahu, Ibu Reslita menyerahkan owa ungko yang telah dianggap sebagai anaknya kepada BBKSDA Riau," jelasnya.

    Saat diantarkan owa ungko berjenis kelamin betina ini dalam kondisi baik dan terawat. Hal itu tampak tak adanya luka maupun sayatan saat pemiliknya mengantarkan ke BBKSDA Riau.

    "Pemiliknya memberikan makanan layaknya manusia juga. Ada diberi makan sate dan minum teh disamping diberikan asupan buah-buahan," ucapnya.

    Kini owa ungko kata Dian sudah berada didalam kandang transit satwa BBKSDA Riau untuk diobservasi.

    "Tergantung darinya beradaptasi. Sebab tiap satwa ini berbeda-beda masa adaptasinya. Jadi kita tidak memaksakan. Bila tim medis dan perawat satwa menilai ia sudah layak dilepasliarkan, maka akan segera kami lakukan," sambung Dian.


    "Semoga makin banyak pihak yang sadar akan konservasi, sehingga menyerahkan satwa dilindungi yang dipeliharanya ke Kantor BBKSDA Riau," harapannya.

     

    (Mediacenter Riau/asn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ibu di Pekanbaru Ini Serahkan Owa Ungko ke BBKSDA
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar