Riwayat Penyakit Tjahjo Kumolo hingga Alami Komplikasi

Daftar Isi

    Foto: Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, Menpan RB Tjahjo Kumolo diketahui mengidap dan terserang sejumlah penyakit yang membuatnya mengalami komplikasi. (CNN Indonesia/Daniela Dinda)

    Lancang Kuning, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (1/7).

    Tjahjo sebelumnya menjalani perawatan yang cukup intensif selama beberapa hari di RS Abdi Waluyo. Dia disebut mengalami komplikasi karena kelelahan hingga dirawat.

    Kader PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno menyebut, Tjahjo kelelahan hingga mengalami komplikasi.

    "Awalnya kecapean, letih. Pekerjaan yang berat, kemudian setelah jatuh sakit komplikasi, ada paru-paru, diabetes, asam urat. Orang sakit, kan, komplikasinya berarti multiorgan ya," kata dia saat dihubungi, dilansir CNNIndonesia.com.

    Berikut penjelasan beberapa penyakit yang dimiliki Tjahjo hingga mengalami komplikasi dan meninggal dunia.

    1. Terlalu letih
    Di usianya yang tidak lagi muda, setumpuk pekerjaan masih harus dikerjakan Tjahjo yang menjabat sebagai Menpan RB. Ini tentu membuat dia kerap merasa terlalu letih.

    2. Paru-paru
    Sebelumnya, Tjahjo juga disebut mengalami infeksi paru-paru yang membuat dirinya harus menjalani perawatan di rumah sakit selama hampir dua minggu.

    Infeksi paru merupakan kondisi masuknya patogen, baik bakteri atau virus, menyerang organ paru-paru dan menyebabkan peradangan. Pneumonia menjadi salah satu jenis infeksi paru yang paling umum.

    3. Diabetes
    Tjahjo juga disebut memiliki riwayat penyakit diabetes. Penyakit ini memang bisa membuat kondisi kesehatan seseorang menurun drastis.

    4. Asam urat
    Asam urat terjadi ketika tubuh kelebihan kadar purin dan membentuk kristal di persendian. Asam urat ditandai dengan radang sendi dan batu ginjal. Penyakit ini juga bersifat kambuhan. Penyakit ini bisa dipicu konsumsi jeroan, daging burung, atau makanan laut.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Riwayat Penyakit Tjahjo Kumolo hingga Alami Komplikasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar