Viral Pria Nikahi Kambing Demi Konten, Kemenag Beri Pesan Menohok

Daftar Isi

    Foto: Viral prosesi pernikahan antara manusia dan kambing. (tvOne/Habib)

     

    Lancang Kuning – Kementerian Agama (Kemenag) merespons viralnya kabar seorang pria yang menikahi kambing untuk kepentingan konten media sosial.

    Sekretaris Ditjen (Sesditjen) Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), M Fuad Nasar berpesan agar masyarakat menjaga sakralitas pernikahan. 

    Menurutnya, bangsa Indonesia yang dikenal agamis seharusnya menghormati sakralitas lembaga pernikahan dan juga makna dari pernikahan.  

    “Hormati sakralitas lembaga pernikahan. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang agamis. Maka ketika bicara pernikahan atau perkawinan dalam pikiran bawah sadar tentu yang dimaksud pernikahan menurut hukum agama atau kepercayaan masing-masing, tidak ada selain itu,” kata Fuad dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 9 Juni 2022. 

    Fuad mengatakan, pernikahan yang dilakukan pria dan wanita sebagai dasar pembentukan keluarga merupakan jalan ibadah menuju keridaan Tuhan. 

    “Tidak sah nikah tanpa mengikuti ketentuan agama atau nikah yang tidak mengindahkan syariat agama,” ujarnya. 

    Fuad mengungkapkan, di dalam pernikahan terdapat rambu-rambu yang ditentukan agama demi kemaslahatan manusia itu sendiri. Dikatakannya, keinginan membangun keluarga yang sakinah, perlu diikuti dengan ketaatan terhadap rambu-rambu tersebut. 

    “Agama adalah roh bagi sebuah perkawinan. Bagi umat Islam, akad nikah sebagai landasan terbentuknya ikatan perkawinan disebut mitsaqan ghalizha (perjanjian suci yang kokoh),” tuturnya. 

    Fuad menegaskan, agama dan perkawinan memiliki keterkaitan dalam kehidupan.

    “Keterkaitan antara perkawinan dan agama adalah sesuatu yang prinsipil bagi setiap umat beragama yang menjunjung tinggi nilai-nilai agamanya dalam pembentukan keluarga,” tuturnya. 

     


    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Kamis, 9 Juni 2022 - 19:21 WIB
    Judul Artikel : Viral Pria Nikahi Kambing Demi Konten, Kemenag Beri Pesan Menohok
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1483522-viral-pria-nikahi-kambing-demi-konten-kemenag-beri-pesan-menohok?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Fikri Halim,Syaefullah

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Viral Pria Nikahi Kambing Demi Konten, Kemenag Beri Pesan Menohok
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar