Gibran ke Paris, Sang Wakil Ditunjuk Jadi Plh Wali Kota Solo

Daftar Isi

    Foto: Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (VIVA/ Fajar Sodik)

     

    Lancang Kuning - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, seminggu ke depan akan berada di Paris untuk memimpin rombongan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menggelar pameran produk kreatif unggulan dan kebudayaan, Sabtu-Jumat, 4-6 Juni 2022.

    Mengisi kekosongan kepala daerah, Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, akan menjabat sebagai Plh Wali Kota Solo selama sepekan ke depan.

    Promosikan Produk Lokal di Paris

    Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solo, Dwi Ariyatno, menjelaskan Wali Kota Solo menunjuk Wakil Wali Kota menjadi Plh per Sabtu. Plh dilakukan karena Wali Kota Gibran sedang ke luar negeri Prancis mempromosikan produk lokal UMKM Solo.

    "Kami sudah tunjuk Plh Pak Teguh untuk menjadi Wali Kota Solo selama Wali Kota Gibran tugas ke luar negeri," ujar Dwi di Solo, Sabtu, 4 Juni 2022.

     Menurutnya, tugas Plh prosesnya ya rutinitas harian, di luar pengambilan kebijakan. Teguh Prakosa menjadi Plh Wali Kota Solo mulai Sabtu. Gibran ke luar negeri selama sekitar sepekan.

    "Tugas Plh prosesnya ya rutinitas harian, di luar pengambilan kebijakan. Beliau (Gibran) ke luar negeri (Prancis) selama sekitar sepekan. Prosedur izin ke Mendagri dan Guber Jateng," kata dia.

    Selain Wali Kota Solo, kata Dwi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Aryo Widyandoko serta Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Kota Solo, Wahyu Kristina juga turut serta dalam rombongan.

    "Jabatan kepala dinas nanti bisa diisi sementara seketaris dinas. Jadi semua sudah prosedural," kata dia.

    Berangkat Bersama Sang Istri

    Sementara itu Gibran mengaku berangkat bersama istrinya, Selvi Ananda, selaku Ketua TP PKK dengan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan UMKM Solo serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo. Putra sulung Presiden Jokowi memastikan izin dari Mendagri sudah beres.

    "Jumat pekan depan sudah kembali ke Solo. Produk yang dijual di Le BHV/Marais antara lain produk kerajinan, makanan hingga batik. Harga dijual sesuai harga pasaran di Paris, harga barang UMKM dijual 50.000. Paling mahal puluhan juta rupiah, itu batik premium," katanya.

    Selain pameran, akan ada agenda lain, seperti gelar budaya dan pentas seni. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan budaya Jawa dan menarik wisatawan ke Solo. 



    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Sabtu, 4 Juni 2022 - 19:16 WIB
    Judul Artikel : Gibran ke Paris, Sang Wakil Ditunjuk Jadi Plh Wali Kota Solo
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1481575-gibran-ke-paris-sang-wakil-ditunjuk-jadi-plh-wali-kota-solo?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Syahrul Ansyari,Fajar Sodiq (Solo)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gibran ke Paris, Sang Wakil Ditunjuk Jadi Plh Wali Kota Solo
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar