Pengakuan Anwar Usman Ketua MK, Tak Tahu Idayati Adik Jokowi

Daftar Isi

    Foto: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

     

    Lancang Kuning – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman mengaku bahwa ia tidak mengetahui wanita yang dia nikahi adalah adik kandung dari presiden Joko Widodo (Jokowi) Hal tersebut disampaikan Anwar Usman dalam kuliah umum di Universitas Kupang yang disiarkan di kanal YouTube MK, Kamis, 2 Juni 2022.

    "Saya cerita sedikit, perkenalan ini sangat singkat, Oktober 2021, lamaran bulan Maret, Jadi saya enggak nyangka beliau ini adiknya seorang presiden," kata Anwar Usman.

    Lanjut Anwar Usman, ia membantah pernikahan dirinya dengan Idayati adik Presiden Jokowi sebagai serangkaian politik tertentu. Ia mengaku tidak mengenali Idayati sebelumnya.

    "Wah apakah saya tahu, bahwa almarhum istri saya akan meninggal dan saya tidak kenal kok dengan Idayati. Demi Allah," ujarnya.

    "Misalnya ada yang menuding, ini perkawinan politik. Lah, saya bukan partai politik. Apa yang saya cari? Lha untuk apa? Pak Jokowi juga tidak bisa lagi ikut Pilpres 2024, sudah 2 periode," tambah Anwar Usman.

    Anwar Usman menyebut pernikahan dirinya dengan Idayati bukan sesuatu yang kebetulan. Terlebih Presiden Joko Widodo telah menyetujui pernikahan tersebut. 

    "Setelah Pak Jokowi menyetujui saya dengan adiknya untuk dinikahkan, lagi-lagi saya enggak tahu, secara kebetulan atau bagaimana, tapi yang pasti tidak ada yg kebetulan menurut Tuhan, menurut Allah, menurut agama islam, saya yakin semua agama begitu," ucapnya.

    Hal terakhir yang ia sampaikan dalam kuliah umumnya, ia bercerita sedikit tentang memulai kariernya dari bawah, hingga dapat menikahi putri solo terakhir sekaligus adik dari Presiden Joko Widodo. 

    "Semakin banyak caci-maki, semakin banyak pahala untuk saya. Alhamdulilah dinaikan derajatnya menjadi Ketua MK, malah dapet putri Solo terakhir," tutur Anwar Usman.

    Sebagai informasi, Ketua MK Anwar Usman menikah dengan adik dari Presiden Jokowi, Idayati di Solo pada 26 Mei lalu. Sejumlah pejabat negara hadir, termasuk Presiden Jokowi sekaligus menjadi wali nikah adik kandungnya. Sejumlah menteri, dan pejabat publik hadir dalam prosesi akad nikah.

    Sebelum adanya ijab kabul, acara ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran dan kemudian dilanjutkan dengan khotbah nikah yang disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Selanjutnya prosesi dilanjutkan dengan akad nikah. Jokowi menjabat tangan Anwar Usman dan terjadinya ijab kabul.

    "Saya terima nikah dan jodohnya Idayati binti Notomiharjo dengan mahar tersebut dibayar tunai," ucap Anwar Usman. 



    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Jumat, 3 Juni 2022 - 08:22 WIB
    Judul Artikel : Pengakuan Anwar Usman Ketua MK, Tak Tahu Idayati Adik Jokowi
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1481067-pengakuan-anwar-usman-ketua-mk-tak-tahu-idayati-adik-jokowi?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Siti Ruqoyah,Rahmat Fatahillah Ilham

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengakuan Anwar Usman Ketua MK, Tak Tahu Idayati Adik Jokowi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar