Jangan Panik, Kamu Bisa Menghentikan Mimisanmu dengan 8 Cara Mudah Ini

Daftar Isi

     

    Foto: Istimewa

    LancangKuning.Com - Mimisan mungkin adalah salah satu fenomena kesehatan yang sering membuat panik orang. Darah yang mengucur dari hidung membuatnya tampak mengerikan dan seringkali membuat orang bingung harus melakukan apa.

    Karena itu berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk penanganan pertama terhadap mimisan tersebut. Perlu diingat cara ini tidak menyembuhkan dan hanya untuk memberhentikannya sementara waktu. Segeralah ke dokter usai melakukan tips ini, dilansir dari IDN Times.Com

    1. Tetap tenang

    Foto: kids.lovetoknow.com

    Keluarnya darah seringkali membuat panik seseorang karena tampak mengerikan, terlebih jika itu lewat hidung. Padahal faktanya mimisan sangat jarang menjadi berbahaya. Karena itu tetap tenang menghadapi mimisan akan sangat membantu.

    2. Bersandar ke depan dan tetap tegak

    Jangan memiringkan kepala atau berbaring telentang. Hal itu akan menyebabkan darah kembali ke dalam hidung dan malah mencekikmu.

    Belum lagi jika sudah masuk terlalu dalam dapat membuatmu muntah. Jika ada darah di mulut, jangan menelannya tapi keluarkan.

    3. Gunakan semprotan

    Gunakan semprotan dekongestan untuk membuat bersih area yang berdarah. Semua itu dilakukan agar tidak terjadi infeksi.

    4. Jangan masukkan benda-benda asing


    Tisu, tampon atau apapun itu, jangan pernah dimasukkan ke dalam hidung. Hal itu bisa menyebabkan pendarahannya semakin parah.

    5. Jepit hidungmu

    Agar tetap steril, jepit bagian hidungmu yang lembut dalam kurun waktu 10 menit. Gunakan jam untuk memperhatikan waktunya. Jangan tergoda untuk melihat kondisi hidungmu tiap menit agar dapat benar-benar berhenti.

    6. Perhatikan dan beraksilah

    Setelah 10 menit, lepaskan jepitan itu. Jika masih mimisan, sumbat hidungmu dengan bola kapas yang sudah diberikan semprotan pembersih selama 10 menit lagi.

    Jika tidak ada semprotan, gunakan air bersih untuk membasahi bola kapas itu. Tunggu hingga waktunya. Jika masih tidak berhenti, terlebih jika mencapai waktu 30 menit, segeralah ke rumah sakit, sambil tetap berusaha untuk menjepitnya.

    7. Cek tekanan darahmu

    Mengecek tekanan darah bisa memastikan kondisimu serta penyebab kenapa kondisi ini bisa terjadi. Bukan tidak mungkin mimisanmu tersebut terjadi karena tekanan darah tinggi.

    8. Hindari kelelahan

    Setelah mimisanmu selesai, jangan melakukan aktivitas-aktivitas berat kurang lebih selama dua minggu. Seperti berbelanja atau berolahraga. Jangan pula meniup hidungmu dua hari setelah mimisan itu berhenti.

    Ingat. Segera setelah mimisan, pergilah ke dokter untuk diperiksa. Bisa jadi terdapat lukainternal yang terjadi di hidungmu tersebut, hingga menyebabkan pendarahan. Atau bahkan ada faktor lain yang menyebabkan hal tersebut. Yang terpenting, tetap tenang dalam menangani hal tersebut. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jangan Panik, Kamu Bisa Menghentikan Mimisanmu dengan 8 Cara Mudah Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar