Harga TBS Sawit di Riau Anjlok Hampir Rp1.000 per-kilogram

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Setelah pekan-pekan sebelumnya sempat menikmati hasil yang maksimal dari panen buah sawit, yang harganya bahkan mencapai Rp4.000 per-kilogramnya.

    Saat ini masa-masa tang indah ini mulai suram, setelah harga TBS kelapa sawit di Riau mulai merosot. Bahkan, untuk periode 11 sampai 17 Mei 2022, harga TBS sawit kelompoknya umur 10 - 20 tahun alami penurunan sebesar Rp972,29/Kg dari harga minggu lalu.

    Tercatat Harga TBS kelapa sawit Sepekan kedepan adalah Rp2.947,58 per-kilogram.

    Kepala Dinas Perkebunan Riau, Zulfadli  mengatakan, penurunan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal turunnya harga TBS periode ini disebabkan oleh karena KPBN tidak melakukan pelelangan CPO  serta bertepatan juga dengan libur nasional  idul fitri.

    "Perusahaan yang menjadi sumber data hanya 1 perusahaan saja yang melakukan penjualan CPO. Untuk harga jual CPO, PT. Asian Agri mengalami penurunan sebesar Rp. 4.444,36/Kg dari harga minggu lalu," katanya.

    Sedangkan untuk harga jual Kernel, semua perusahaan tidak ada yang melakukan penjualan sehingga untuk data kernel diambil rata-rata minggu sebelumnya dengan harga sebesar Rp 11.273,46/Kg.

    Sementara dari faktor eksternal, Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dipasar dunia anjlok di perdagangan kemarin.

    Hal ini pun dikeluhkan oleh petani sawit di tanah air. Berdasarkan data tradingeconomics, harga minyak sawit mentah (crude palm oil/ CPO) anjlok ke MYR 6.400 per ton pada sesi perdagangan Jumat (6/5/2022).

    "Setelah sempat menyentuh level tertinggi di menembus MYR 7.100 per ton di bulan April kemarin," sebutnya.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Harga TBS Sawit di Riau Anjlok Hampir Rp1.000 per-kilogram
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar