Cara Aman Bermotor Ketika Angin Kencang

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi

    LancangKuning.Com, Jakarta -- Pengendara sepeda motor harus siap ketika terjebak di tengah angin kencang yang sedang melanda beberapa wilayah di Indonesia. Jangan anggap remeh angin kencang.

    Baca Juga: Yamaha Siapkan NMax Baru di 2019, All New atau Facelift?

    Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Palubuhu menyarankan pengendara harus waspada untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan akibat angin kencang, jangan sampai berkendara saat angin kencang justru mencelakai diri sendiri, bahkan pengendara lain, dilansir dari CNN Indonesia.com

    1. Kurangi kecepatan


    Yang harus diantisipasi adalah menurunkan kecepatan ketika angin kencang mulai terasa dari berbagai sisi. Sebab, embusan angin kencang bisa mengurangi keseimbangan pengendara.

    Ketika kita menghadapi kondisi ini sebaiknya pegang erat batang kemudi untuk keseimbangan sepeda motor agar tetap dalam posisi tegak.

    "Kesetabilan tentu bisa goyang, jadi oleng. Nah yang dilakukan cukup sederhana, segera turunkan kecepatan. Sebab dikhawatirkan pengendara malah hilang kendali," kata Jusri, Sabtu (5/1).

    2. Perhatikan arah angin

    Pengendara harus perhatikan arah angin karena kondisi ini menentukan ke mana kita terhempas. Dan juga perhatikan objek yang bergerak di sekitar ketika kita terbawa oleh angin.

    3. Menepi mencari tempat aman

    Perhatikan kecepatan angin. Jika kecepatan semakin kencang, sebaiknya menepi dan mencari tempat yang aman. Hindari tempat berteduh dekat dengan pohon, billboard, halte, hingga lampu jalan.

    "Bahayanya kan kalau misal sudah badai, atau puting beliung. Cari tempat yang jauh dari benda-benda tinggi rawan roboh. Jangan malah buat celaka karena angin tersebut," ucap Jusri. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Aman Bermotor Ketika Angin Kencang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar