Pemprov Riau Sangat Serius Perjuangkan Hibah MCC

Daftar Isi


     
    Lancang Kuning, PEKANBARU -- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitabang) Provinsi Riau, Emri Juli Harnis menyampaikan bahwa Pemprov Riau sangat berkomitmen dalam memperjuangkan Program Hibah Compact-2 Millennium Challenge Corporation (MCC) yang akan dilaksanakan di Riau.

    Emri mengatakan, pada saat proses pembahasan awal, Gubernur Riau Syamsuar telah berkunjung ke Kementerian PPN/Bappenas di Jakarta untuk melakukan audiensi terkait usulan tersebut, yang dihadiri oleh Sekretaris Utama dan para Deputi di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas. 

    Menurutnya, upaya-upaya yang dilakukan Pemprov Riau tersebut merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Provinsi Riau dalam pembangunan infrastruktur di Provinsi Riau.

    "Tahapan perencanaan pelaksanaan Program Hibah Compact-2 MCC telah melalui proses pembahasan yang panjang diawali dengan kick off meeting pada bulan Agustus 2021. Kemudian dilanjutkan rapat pembahasan dan FGD bersama dengan Compact Development Team (CDT) yang merupakan konsultan dibawah Kementerian PPN/Bappenas yang ditunjuk untuk mempersiapkan program compact MCC di seluruh negara," ungkapnya, di Pekanbaru, Jumat (22/4/22).

    Emri mengungkapkan, Pemprov Riau telah mengusulkan semua kabupaten/kota di Riau untuk dilaksanakan sebagai area Compact-2 MCC tersebut. Akan tetapi karena bersifat pilot project, maka hanya dipilih dua tema yaitu Kawasan Industri (KI) Lubuk Gaung dan KI Tenayan.

    Ia menerangkan, beberapa waktu lalu tim MCC Amerika Serikat dan Kementerian PPN/Bappenas telah melakukan due diligence  ke KI Tenayan Raya. Namun terkait apakah kawasan ini akan ditetapkan sebagai lokasi MCC, jelasnya, ini bukan wewenang Pemprov Riau akan tetapi wewenang dari tim MCC itu sendiri.

    "Tim MCC sudah berkunjung ke Riau dan melakukan due diligence  ke KI Tenayan Raya, sekarang hasil due diligence lagi di proses yang menentukan layak atau tidaknya itu dari mereka (MCC Amerika Serikat)," ucapnya.

    Kepala Bappedalitbang Riau ini menambahkan, Program Hibah Compact-2 MCC merupakan program hibah dari Pemerintah Amerika Serikat yang dikelola oleh lembaga MCC dengan salah satu kegiatannya yaitu mengatasi permasalahan pembiayaan infrastruktur melalui pendanaan pelaksanaan proyek percontohan di daerah prioritas. 

    Untuk itu ia berharap pelaksanaan due diligence berjalan lancar dan dapat memenuhi kriteria yang dipersyaratkan Program Hibah Compact-2 MCC. Oleh karena itu dukungan stakeholders sangat diharapkan dalam upaya terwujudnya program hibah tersebut.

    "Kita berjuang dari awal untuk proses hibah ini, kalau misalnya di KI Tenayan tidak bisa dijadikan lokasi hibah itu menurut pemberi hibah, maka akan dilakukan lagi due diligence ke kawasan lainnya. Semua tergantung pemberi hibah," ujarnya.

    Seraya kembali menegaskan bahwa tidak masuk akal jika ada pihak yang menyebut Pemprov Riau menyia-nyiakan hibah MCC.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemprov Riau Sangat Serius Perjuangkan Hibah MCC
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar