UNRI Undang Akademisi Terbaik se Indonesia Mencalonkan Diri Jadi Rektor

Daftar Isi

    Foto: Dok. Humas 

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Universitas Riau (UNRI) mulai melaksanakan tahapan pada pemilihan Rektor periode 2022-2026, ini sesuai dengan ketentuan enam bulan jelang habisnya jabatan Rektor yang berakhir pada Desember 2022. UNRI mengundang kademisi terbaik se Indonesia untuk mendaftarkan diri.

    Ketua panitia pemilihan Rektor Dr Elfizar SSi M Kom Jum'at (22/4/2022) menjelaskan, tahapan pemilihan Rektor ini dimulai dengan pembentukan panitia pada Maret 2022, dan saat ini sudah sampai pada tahapan sosialisasi.

    "Tahapan pemilihan Rektor ini dimulai sejak 23 Maret dan akab berakhir pada 27 Juli yakni sebagai jadwal pemilihan Rektor," jelas Elfizar.

    Namun sebelum sampai pada tahapan pemilihan, akan dibuka pendaftaran bakal calon rektor yang dimulai pada 18-31 Mei, jika tidak terpenuhi kuota minimal empat orang yang mendaftar, maka akan diperpanjang yakni pada 6-9 Juni.

    "Pada tahap penyaringan dari calon yang mendaftar akan dilakukan seleksi hingga ditetapkan 3 orang, dan itu dilakukan oleh anggota senat, dengan melakukan pemilihan, dan tiga teratas akan ditetapkan sebagai calon rektor, selanjutnya tiga orang tersebut akan dilakukan Screening oleh pihak Kementerian, jika tidak ada masalah, maka akan dilakukan pemilihan pada tanggal 27 Juli 2022," jelas Elfizar.

    Dia menambahkan, untuk yang akan memilih satu dari Tiga calon Rektor yang telah ditetapkan tersebut adalah berasal dari pihak Kementerian 35 persen dari pemilih yang hadir, dan anggota senat memiliki hak suara 65 persen.

    Elfizar menjelaskan, terdapat 14 item syarat-syarat untuk mencalonkan menjadi Rektor UNRI ini, seperti PNS yang memiliki pengalaman jabatan sebagai Dosen dengan jenjang akademik paling rendah Lektor Kepala, Beriman dan Bertaqwa kapada Tuhan Yang Maha Esa, berusia paling tinggi 60 tahun pada tanggal 19 Desemebr 2022, memiliki pengalaman manajerial paling singkat dua tahun; paling rendah sebagai ketua jurusan. Atau menjabat sebagai pejabat eselon II.a di lingkungan instansi pemerintah.

    "Bersdia mencalonkan sebagai Rektor UNRI periode 2022-2026, sehat jasmani dan rohani, bebas narkotika, prekursor, dan zat adiktif lainnya, penilaian prestasi kerja pegawai paling rendah bernilai baik dalam dua tahun terakhir, untuk persyaratan lengkap dan jadwal tahapan pemilihan rektor Unri ini dapat diakses di website: pilrek.unri.ac.id," pungkasnya.  

    Sementara, Ketua Senat Prof Dr Adel Zamri MS DEA berharap pemilihan rektor Unri ini bisa berjalan dengan baik dan lancar dari semua tahapan yang telah ditetapkan, dan akan mampu menghasilkan pemimpin UNRI yang kapabel, sehingga mampu membawa kemajuan lebih baik lagi bagi UNRI kedepannya.

    "Semua pihak kita harapkan dukungannya untuk mensukseskan pemilihan Rektor UNRI periode 2022-2026 ini, termasuk dari rekan-rekan media," ungkapnya. (LK/MCR) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel UNRI Undang Akademisi Terbaik se Indonesia Mencalonkan Diri Jadi Rektor
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar