Bicarakan Damai, Zelensky-Putin Akan Bertemu Tatap Muka di Turki

Daftar Isi

    Foto: Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Zelensky di Paris tahun 2019. (Ian Langsdon/Pool via AP, File)

     

    Lancang Kuning – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dan tetangganya dari Rusia Vladimir Putin kemungkinan akan segera bertemu untuk pembicaraan damai tatap muka di Turki.

    Hal tersebut disampaikan oleh seorang pejabat Ukraina yang terlibat dalam negosiasi masa perang pada Sabtu 2 April 2022.

    Negosiator Ukraina, David Arakhamia mengatakan kepada stasiun TV lokal bahwa kedua pemimpin dapat segera bertemu ketika rancangan dokumen perjanjian damai mencapai tahap lanjut.

    Arakhamia mengatakan bahwa Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menelepon mereka dan Putin kemarin. Erdogan tampaknya mengkonfirmasi bahwa pihak Rusia siap untuk bertemu. Baca juga: Angkat Untung Budiharto Pangdam Jaya, Panglima TNI Digugat ke PTUN

    “Erdogan menelepon kami dan Vladimir Putin kemarin, dan dia tampaknya mengkonfirmasi bahwa mereka siap untuk mengatur pertemuan dalam waktu dekat,” dikutip dari Newsweek, Minggu 3 April 2022.

    Baik tanggal maupun tempatnya tidak diketahui, tetapi Ukraina percaya bahwa tempat dengan tingkat probabilitas tinggi adalah Istanbul atau Ankara.

    Pengumuman pertemuan tersebut datang pada hari yang sama ketika pasukan Rusia sebagian besar mundur dari daerah sekitar Kiev.

    Wakil Menteri Pertahanan, Hanna Malyar mengatakan pada Sabtu 2 April 2022, bahwa seluruh wilayah sekarang bebas dari militer Rusia. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

    “Irpin, Bucha, Hostomel dan seluruh wilayah Kiev dibebaskan dari penjajah,” kata Malyar dalam Facebook miliknya.

    Penarikan itu terjadi setelah pasukan Rusia mendapat tantangan sengit dari pasukan Ukraina yang bertekad untuk mempertahankan ibu kota.

    Setelah beberapa minggu upaya Moskow gagal dalam merebut kota itu, pihaknya mengumumkan pekan lalu bahwa pasukannya akan mengalihkan upaya mereka ke wilayah Donbas timur Ukraina. (LK)

     



    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Minggu, 3 April 2022 - 19:09 WIB
    Judul Artikel : Bicarakan Damai, Zelensky-Putin Akan Bertemu Tatap Muka di Turki
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/dunia/1463368-bicarakan-damai-zelensky-putin-akan-bertemu-tatap-muka-di-turki?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Dusep Malik,Natania Longdong

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bicarakan Damai, Zelensky-Putin Akan Bertemu Tatap Muka di Turki
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar