Gempa 5,7 SR Guncang Bengkulu hingga Dirasakan ke Padang

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.

    LancangKuning.Com, BENGKULU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa wilayah Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, diguncang gempa bumi tektonik magnitude 5,7 pada Minggu, 30 Desember 2018, pukul 15.39.11 WIB.

    "Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=5,7 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,8," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, di Jakarta, dilansir dari VIVA.co.

    Sementara itu, kata dia, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,79 Lintang Selatan dan 102,21 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 39 kilometer arah utara Kota Tubei, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu pada kedalaman 164 kilometer.

    Ia menuturkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di zona Benioff, yaitu zona subduksi lempeng yang memiliki sudut tunjaman yang relatif tajam di bawah lempeng Eurasia.

    "Zona ini dimulai dari lepas pantai di sebelah barat Sumatera hingga terus menukik ke arah timur hingga ke bawah daratan Pulau Sumatera. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran sesar oblique cenderung turun (oblique normal)," katanya.

    Berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kota Bengkulu, Kepahiang, dan Bengkulu Tengah IV MMI, Manna, Mukomuko, Lebong, dan Pesisir Selatan III MMI, Kepulauan Mentawai, Pariaman, Padang II MMI.

    Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

    "Hingga pukul 16.05 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," tuturnya.

    Rahmat mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gempa 5,7 SR Guncang Bengkulu hingga Dirasakan ke Padang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar