Soal Prabowo Vs Airlangga di Pilpres 2024, Ini Respons Gerindra

Daftar Isi

    Foto: Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. (Dok. Airlangga Hartarto)


    Lancang Kuning - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dinilai bisa saja bersaing dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, di Pilpres 2024 mendatang. Alasannya, kedua tokoh tersebut sama-sama didorong sebagai calon presiden oleh partai mereka masing-masing. 

    Fokus Usung Prabowo Terkait hal itu, Politikus Partai Gerindra Habiburokhman menyatakan partainya hanya ingin fokus dalam upaya pengusungan Prabowo sebagai calon presiden di Pilpres 2024 dan tak mau mencampuri langkah dari partai politik lain. 

    "Kita konsentrasi di calon kita saja," kata Habiburokhman saat dihubungi wartawan, Selasa, 16 November 2021. 

    Semua Parpol 

    Habiburokhman mengatakan semua parpol tentu ingin mengusung ketua umumnya sebagai capres di Pilpres 2024 mendatang. Dia menilai hal itu sebagai sesuatu yang wajar. 

    Demikian juga dengan Gerindra, ia mengatakan seluruh kader ingin agar Prabowo diusung kembali menjadi capres. 

    "Kan resmi pendaftaran ketika tanda tangan formulir di KPU. Tapi kalau kita lihat keinginan semua kader Gerindra ya tentu Prabowo," tegas dia. 

    Capres Belum Ditentukan 

    Mengenai cawapres yang bakal mendampingi Prabowo, anggota Komisi III DPR itu mengatakan pihak-pihak yang menduetkan Prabowo dan Puan Maharani tidak ada representasi dari Gerindra. 

    "Itu pihak di luar Gerindra. Kalau Gerindra itu alurnya jelas, sami'na wa atho'na, menyalonkan Prabowo tapi kita belum menentukan wakilnya," katanya, dilansir LKC dari Viva.co.id

    PDIP dan Gerindra 

    Sebelumnya, Pengamat Politik Universitas Esa Unggul Jakarta, Jamiluddin Ritonga, memprediksi PDIP akan membangun poros dengan Gerindra. 

    Menurutnya, poros ini akan mengusung Prabowo-Puan pada kontestasi presiden 2024 mendatang. Dia sendiri tidak heran dengan adanya poros PDIP dan Gerindra. Sebab, ia meyakini masuknya Prabowo ke dalam kabinet Jokowi merupakan hasil kesepakatan antara partai PDIP dan Gerindra. 

    "Kalau saya lihat memang dari jauh hari sejak Prabowo masuk kabinet, memang sudah ada info bahwa Prabowo dan Mega ada deal, yaitu PDIP akan usung Prabowo kalau Prabowo mau masuk kabinet Jokowi," kata Jamiluddin.

    Poros selanjutnya menurut Jamiluddin adalah partai menengah, seperti PKS bersama Demokrat dan kemungkinannya juga akan ada PAN atau PPP. Mereka bisa saja mengusung sosok seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Anies Baswedan, dan bahkan Ridwan Kamil. (LK)

     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Selasa, 16 November 2021 - 19:52 WIB
    Judul Artikel : Soal Prabowo Vs Airlangga di Pilpres 2024, Ini Respons Gerindra
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/politik/1423785-soal-prabowo-vs-airlangga-di-pilpres-2024-ini-respons-gerindra?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Soal Prabowo Vs Airlangga di Pilpres 2024, Ini Respons Gerindra
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar