47 Desa di Aceh Utara Terendam Banjir, Ribuan Warga Mengungsi

Daftar Isi

    Foto: banjir mengungsi ke Musala. (VIVA/Dani Randi (Aceh)


    Lancang Kuning – Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan 47 desa dari enam kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Aceh terendam banjir luapan dari Sungai Krueng Keureuto dan Krueng Pase, sejak Jumat kemarin, 12 November 2021. 

    Data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) ketinggian air bervariasi antara 50–80 cm. 

    Sementara 2.087 orang terpaksa mengungsi di sejumlah titik. Keenam kecamatan itu yakni Lhoksukon, Matangkuli, Banda Baro, Tanah Luas, Pirak Timu dan Cot Girek. Banjir terparah terjadi di Kecamatan Lhoksukon dan Matangkuli. 

    “Akibat hujan deras sehingga Sungai Krueng keureuto dan Krueng Pase meluap merendam pemukiman penduduk,” kata Kepala BPBA, Ilyas dalam keterangannya, Sabtu, 13 November 2021, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Selain pemukiman warga, banjir juga merendam 210 hektare sawah warga di Kecamatan Lhoksukon, kemudian banjir juga merendam empat sekolah, tiga kantor desa dan tanggul jebol sepanjang 35 meter di Desa Meunasah Jok. 

    Sejauh ini, tim BPBD sudah mempersiapkan perahu karet siaga di lokasi untuk mengevakuasi korban banjir. Sebagian warga masih bertahan di rumah masing-masing untuk melindungi harta benda mereka agar tak terendam banjir. 

    Saat ini kondisi banjir di sana berangsur surut, namun warga masih ada yang menetap di lokasi pengungsian. Dinsos setempat juga sudah mendistribusikan bantuan masa panik ke warga di sejumlah tenda pengungsian. “Kondisi debit air sudah mulai surut,” kata Ilyas. (LK)

     


    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Sabtu, 13 November 2021 - 13:00 WIB
    Judul Artikel : 47 Desa di Aceh Utara Terendam Banjir, Ribuan Warga Mengungsi
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1422862-47-desa-di-aceh-utara-terendam-banjir-ribuan-warga-mengungsi?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 47 Desa di Aceh Utara Terendam Banjir, Ribuan Warga Mengungsi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar