5 Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah, Jangan Langsung Buang

Daftar Isi

    Foto: Kulit pisang.

    Lancang Kuning – Apakah ada manfaat kulit pisang untuk wajah selain sekedar sampah yang biasanya langsung kita buang setelah memakan buahnya? Pisang merupakan buah yang sering sekali kita jumpai dan digemari oleh banyak orang, karena rasanya enak, harganya murah dan yang terpenting salah satu buah yang ada di surga.

    Kandungan nutrisi dalam buah pisang juga cukup banyak dan baik untuk kesehatan tubuh. Namun tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, ternyata pada kulit pisang ada banyak nutrisi dan manfaat kulit pisang yang bisa didapat untuk kesehatan wajah.

    Kulit pisang sendiri sering kali dibuang karena dianggap tidak bermanfaat, dan hanya menjadi limbah sampah organik saja. Namun jika diolah dengan benar, kandungan dalam kulit pisang ternyata memiliki beragam manfaat yang cukup besar yang baik untuk perawatan wajahdan kecantikan.

    Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah

    Kandungan nutrisi kulit pisang umumnya tidak jauh berbeda dengan buahnya. Kandungan pada kulit pisang kaya akan serat, vitamin B6 dan B12 serta asam amino esensial. Kulit pisang juga diketahui mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi dan antimikroba yang efektif mampu melawan bakteri, jamur, dan ragi. Berikut ini dilansir Sahijab sajikan manfaat kulit pisang bagi kesehatan wajah.

    1. Mengangkat sel kulit mati di wajah

    Sel kulit mati yang berada dalam wajah anda biasanya bisa menimbulkan berbagai permasalahan seperti pori-pori tersumbat, memicu munculnya komedo serta jerawat. Salah satu manfaat dari kulit pisang adalah bisa mengangkat sel kulit mati pada wajah.

    Cara menggunakannya dengan menghaluskan kulit pisang, lalu oleskan pada permukaan kulit wajah Anda. Cukup diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan kegiatan ini setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

    2. Menghilangkan mata panda

    Memiliki lingkaran hitam yang berada di bagian area bawah mata disebut sebagai mata panda. Biasanya, lingkar hitam tersebut merupakan reaksi alami tubuh saat mata terlalu lelah setelah melakukan aktivitas. Tidak jarang kita lihat, banyak orang yang merasa tak percaya diri saat mata panda nampak terlihat di bawah mata. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab Anda dapat mengatasinya dengan bahan alami yakni kulit pisang.

    Manfaat kulit pisang untuk wajah yang satu ini dapat diperoleh dengan memanfaatkannya sebagai masker mata. Campurkan bagian dalam kulit pisang dengan gel lidah buaya. Setelah itu, oleskan pada area lingkaran hitam dan diamkan selama 20 menit. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih.

    3. Mengatasi jerawat di wajah

    Manfaat kulit pisang untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengatasi jerawat. Jerawat merupakan gangguan pada kulit wajah yang seringkali dialami oleh banyak orang. Munculnya jerawat tersebut dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang saat berada di hadapan banyak orang.

    Kini, Anda tak perlu khawatir sebab kulit pisang dapat membantu Anda mengatasi masalah yang satu ini. Caranya mudah sekali, aplikasikan kulit pisang bekas pada bagian wajah yang mengalami peradangan hingga menyebabkan munculnya jerawat. Setelah itu, diamkan selama lebih dari 10 menit. Bilas menggunakan air bersih. Anda dapat melakukan hal tersebut secara teratur untuk menghilangkan jerawat dengan lebih cepat.

    4. Membuat kulit wajah semakin bersinar

    Manfaat dari kulit pisang yakni membuat wajah Anda tampak bersinar. Caranya cukup mudah, gosokkan kulit pisang bagian dalam pada kulit wajah. Diamkan semalaman dan bilas dengan air hangat pada keesokan harinya. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

    5. Mengurangi kerutan di wajah

    Alasan selanjutnya untuk jika anda tidak membuang kulit pisang adalah lantaran kemampuannya yang dapat mengurangi kerutan. Manfaat kulit pisang untuk wajah yang terakhir ini tepat bagi Anda yang seringkali beraktivitas di luar ruangan. Berbagai radikal bebas hingga polusi dapat membuat wajah terlihat kusam serta mempercepat risiko penuaan dini.

    Salah satu cirinya adalah munculnya kerutan di berbagai area wajah. tentu saja hal ini merupakan sesuatu yang tak diinginkan oleh banyak orang. Anda cukup mencampurkan bagian dalam kulit pisang dengan 1 sdm madu dan mengoleskannya hingga ke seluruh wajah. Setelah didiamkan hingga 15 menit, jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih kembali.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 5 Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah, Jangan Langsung Buang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar