Pidato di Sidang Umum PBB, Jokowi: No One Is Safe Until Everyone Is

Daftar Isi



    Foto: Presiden Jokowi pidato virtual di Sidang Umum PBB. (Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

     

    Lancang Kuning – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali pidatonya Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang upaya dunia untuk memecahkan persoalan pandemi COVID-19. 

    Jokowi tegaskan bahwa masalah pandemi atau wabah ini adalah masalah bersama. Tidak ada satu pun negara yang terbebas dari virus Corona tersebut. 

    "Kita harus memberikan harapan bahwa pandemi COVID-19 akan tertangani dengan baik, cepat, adil dan merata. Kita tahu bahwa no one is safe until everyone is," kata Jokowi dalam pidatonya secara virtual yang ditampilkan di acara tersebut yang sedang berlangsung di New York, Amerika Serikat pada Kamis 23 September 2021. 

    Soal keadilan dan pemerataan, di depan para pemimpin negara dunia yang hadir, Jokowi memandang bahwa distribusi vaksin COVID-19 saat ini masih timpang. Persoalan tersebut, kata Jokowi, harus diselesaikan bersama dan secara nyata. 

    “Di masa depan, kita harus menata ulang arsitektur ketahanan kesehatan global, global health security system. Diperlukan mekanisme baru untuk penggalangan sumber daya kesehatan global, baik pendanaan vaksin, obat-obatan, alat-alat kesehatan dan tenaga kesehatan secara cepat dan merata di seluruh negara,” ungkap Presiden Jokowi, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Jokowi juga bilang, perlu ada standarisasi bersama mengenai pemberlakukan protokol kesehatan global. Ini sangat terkait dengan aktivitas lintas batas negara, serta kriteria vaksinasi, hingga hasil tes pemeriksaan status kesehatan. 


    “Kedua, pemulihan ekonomi global hanya bisa berlangsung jika pandemi terkendali dan antar negara bekerja sama dan saling membantu untuk pemulihan ekonomi. Indonesia, dan negara berkembang lainnya, membuka pintu seluas-luasnya untuk investasi yang berkualitas. Yaitu yang membuka banyak kesempatan kerja, transfer alih teknologi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang keberlanjutan,” ucap Jokowi. (LK) 

     

    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita Pidato di Sidang Umum PBB, Jokowi: No One Is Safe Until Everyone Is

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pidato di Sidang Umum PBB, Jokowi: No One Is Safe Until Everyone Is
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar