Pertempuran Sporadis Pecah, Pasukan Taliban Terjebak Mayat Berserakan

Daftar Isi

    Foto: Pertempuran di lembah.

     

    Lancang Kuning – Situasi di Republik Islam Afghanistan mencekam, pertempuran kembali pecah setelah pasukan Taliban berusaha menyerang masuk kebasis utama Pasukan Perlawanan Aliansi Utara (NRF) di Lembah Panjshir. 

    Informasi yang diterima VIVA Militer, Rabu 1 September 2021, pertempuran sporadis terjadi di wilayah pintu masuk lembah para singa, The Panjshir.

    Menurut Menteri Pertahanan Afghanistan (Rezim Ashraf Ghani) Jenderal Bismillah Mohammadi, pasukan Taliban berusaha menembus pintu masuk lembah kematian itu dengan mengandalkan seratusan pasukan tempur.


    Namun, pasukan Taliban gagal masuk karena di pintu masuk pasukan Aliansi Utara sudah menyiapkan jebakan di wilayah Shutul.

    "Taliban tadi malam. Mereka menyerang Panjshir, tetapi dikalahkan," kata Jenderal Bismillah dalam keterangan resminya.

    Terjadi pertempuran sengit antar pasukan kedua kubu dan banyak pasukan Taliban yang tewas dalam bentrokan bersenjata itu. Mayat berserakan, tak cuma Taliban, pihak lawan dilaporkan juga ada yang tewas.


    Karena terdesak, akhirnya pasukan Taliban melarikan diri dari medan pertempuran. "7 orang Taliban tewas dan beberapa terluka. Jangan khawatirkan orang-orang kami.

    Mereka mundur dengan banyak korban,' kata Jenderal Bismillah.

    Pasukan Taliban berusaha menembus benteng terakhir pasukan perlawanan di bawah pimpinan Ahmad Massoud, setelah negosiasi berlangsung buntu alias tanpa ada hasil.

    Pasukan Perlawanan terbentuk setelah tergabungnya beberapa kelompok. Seperti pasukan militer Afghanistan alias Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan (ANDSF) yang menyingkir dari Ibukota Kabul ketika kota bersejarah itu digempur pasukan Taliban.

    Lalu dari pasukan detasemen tempur yang dikomandani Yar Muhammad Dostum, putra dari jenderal perang Afghanistan Abdul Rashid Dostum. (LK)

     

    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita Pertempuran Sporadis Pecah, Pasukan Taliban Terjebak Mayat Berserakan

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pertempuran Sporadis Pecah, Pasukan Taliban Terjebak Mayat Berserakan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar