AS Ingatkan Negara Kecil Tak Tergoda Proyek Jalur Sutra China

Daftar Isi

    Foto: Pemimpin negara saat sesi foto bersama di KTT APEC di Papua Nugini. (REUTERS/David Gray)

    LancangKuning.Com, JAKARTA - Amerika Serikat memperingatkan negara kecil untuk tidak mudah tergoda mengambil pinjaman dana infrastruktur yang ditawarkan China melalui Program Jalur Sutra mereka. Peringatan ia berikan dalam KTT APEC di Papua Nugini akhir pekan ini.

    Wakil Presiden AS Mike Pence mengatakan pinjaman tersebut merupakan jebakan. Oleh karena itulah, ia meminta negara kecil menghidari jebakan tersebut dan memilih kerja sama dengan AS.

    "AS tidak akan menenggelamkan mitra, sahabat dalam lautan utang," katanya seperti dikutip dari AFP, Minggu (18/11).

    Presiden China Xi Jinping membantah keras tuduhan tersebut. Menurutnya, pinjaman yang digelontorkan China dalam Program Jalur Sutra yang saat ini sedang dijalankan negaranya bukan jebakan.

    Xi juga mengatakan China tidak memiliki agenda tersembunyi dalam menggelontorkan pinjaman ke negara yang membutuhkan.

    China berambisi untuk menghidupkan Jalur Sutra Modern guna meningkatkan hubungan dagang dengan banyak negara. Negeri Tirai Bambu tersebut bahkan siap menggelontorkan dana US$124 miliar atau sekitar Rp1.600 triliun lebih untuk mewujudkan pembangunan jalur tersebut.

    Beberapa negara tercatat sudah memanfaatkan pinjaman dari program tersebut. Salah satunya, Pakistan.

    Pakistan sudah menerima pendanaan sebesar US$62 miliar atau Rp828 triliun dari program tersebut. Selain Pakistan, dana program juga sudah dinikmati oleh Filipina dan Malaysia.

    Kedua negara tersebut sudah menghimpun pendanaan masing-masing sebesar US$24 miliar dan US$30 miliar dari program tersebut.

    Selain mereka, Indonesia juga turut memanfaatkan dana program tersebut untuk pembangunan infrastruktur di dalam negeri; Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (*)

    Sumber.Cnn Indonesia

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel AS Ingatkan Negara Kecil Tak Tergoda Proyek Jalur Sutra China
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar