Catat!!, Jangan Kaget Jika Akun TikTok Kamu Menghilang

Daftar Isi

    Foto: TikTok. (BBC)

     

    Lancang Kuning – TikTok dikenal mempunyai basis pengguna yang masih muda. Tapi diketahui ada user yang berusia di bawah 13 tahun, dan itu sebenarnya dilarang oleh TikTok. Perusahaan baru saja merilis laporan transparansi pertamanya pada tahun 2021, yang mencakup tiga bulan pertama tahun ini.

    "Untuk pertama kalinya, kami memublikasikan jumlah akun yang dicurigai di bawah umur. Kami menghapusnya untuk menjaga pengalaman TikTok hanya bagi orang yang berusia 13 tahun ke atas," kata TikTok dalam laporan tersebut.

    Dari 11.149.514 akun yang dihapus karena melanggar pedoman komunitas atau persyaratan layanan, 7.263.952 di antaranya diduga akun di bawah umur. Perusahaan patut curiga karena tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti berapa banyak pengguna di bawah usia 13 tahun yang benar-benar menggunakan layanan.

    Jumlah itu mungkin tinggi, tetapi menurut TikTok, jumlahnya kurang dari satu persen dari semua pengguna terdaftar. Perusahaan juga menyoroti bagaimana pengguna di bawah usia 12 tahun dapat mendaftar ke versi kurasi khusus dari platform yang berorientasi pada kelompok usia mereka.

    Pengguna berusia 13 tahun ke atas diizinkan di platform TikTok. Anak usaha ByteDance ini memang meluncurkan pengaturan khusus untuk mereka yang berusia di bawah 18 tahun awal tahun ini, dikutip dari situs Mashable SE Asia, Sabtu, 3 Juli 2021.

    Lalu akun default diberikan untuk pengguna berusia 13-15 tahun disetel ke pribadi, dan ada batasan tentang siapa yang dapat mengunduh video mereka dan terlibat dengan konten mereka. Ada juga pengaturan serupa untuk pengguna usia 16-17 tahun.

    Meskipun TikTok belum membahas hal ini, platform media sosial lainnya telah melakukannya. Sebagai contoh, beberapa tahun yang lalu Twitter menangguhkan banyak pengguna yang secara hukum diperbolehkan pada platform pada saat itu. Tetapi mereka telah menempatkan tanggal lahir palsu di bawah umur dan mengatur akun mereka. (LK)

     

     

    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita Catat!!, Jangan Kaget Jika Akun TikTok Kamu Menghilang

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Catat!!, Jangan Kaget Jika Akun TikTok Kamu Menghilang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar