Viral Soal Matematika Bikin Warganet Debat, Jawabannya Bikin Bingung

Daftar Isi

    Foto: Soal matematika viral di Twitter. (Twitter)

     

    Lancang Kuning – Sebuah soal matematika sederhana yang viral di dunia maya membuat warganet terpecah. Mereka terbagi ke dalam dua kelompok dalam menanggapi jawaban dari soal itu.

    Pemilik akun Twitter @pjmdoll membuat cuitan pertanyaan, "oomfies pecahkan ini," bersama dengan sebuah soal: "8 ÷ 2(2 + 2) = ?".

     

    "Aku mengerjakan tanda kurung, perkalian, kemudian membagi, karena itu aku yakin jawabannya 1. Aku melihatnya seperti itu rupanya pembagian didahulukan...inilah kenapa aku tidak pintar dalam matematika," tambahnya.

    Tapi, nampaknya tidak ada seorangpun yang setuju dengan jawabannya, setengah dari warganet di Twitter mengatakan '1' adalah jawaban benar, tapi sebagian lainnya menunjukkan jawaban '16'.

    "(Itu) 1. Jumlah orang yang mengatakan 16 harus kembali belajar matematika," ujar salah seorang warganet.

    "Aku punya dua gelar matematika, jawabannya 1," ujar lainnya.

    Warganet lainnya juga setuju dengan jawaban tersebut lalu menjabarkan cara penyelesaiannya. "8÷2(2x2) = 8÷2(4) = 8÷8 = 1 = Jawabannya 1. Terpecahkan dengan 'BODMAS' aturannya : (B dalam kurung) O(f) D÷ pembagian M x perkalian A+ penambahan S-pengurangan," jelasnya.

    Cuitan itu pun diretweet hingga lebih dari 20 ribu kali dan mendapat ribuan like.

    "Kamu tidak perlu melakukan akronim untuk mengevaluasi 8 ÷ 2(2+2), hasilnya sama baik kamu melakukan + dahulu atau ÷ dahulu," kata yang lain.

    Namun, warganet lain muncul dengan pemaparan berbeda. "Ikuti saja konvensi ini: 1. Kerjakan dalam kurung, 2. Lakukan dari kiri ke kanan. Jawaban yang benar maka 4 X 4 = 16. Tidak perlu mengingat akronim," tulisnya.

    "Jawaban yang benar adalah 16. Saat pertanyaannya ada di 8/2(4), kamu harus menghitung dari kiri ke kanan karena perkalian dan pembagian punya preseden yang sama. Jadi 8/2 dulu lalu 4(4)=16. Ingat saja aturan kiri ke kanan, yaitu aturan yang banyak orang lupa," tulis warganet lain, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Merasa bingun? Laman Daily Star mencoba menanyakan soal matematika ini kepada Konsultan Pendidikan Senior di perusahaan tutor virtual Maths-Whizz, kenapa soal yang tampaknya sederhana ini membuat media sosial terpecah.

    Ternyata itu adalah pertanyaan mengenai dari mana kamu berasal, daripada apakah kamu bisa mengerjakannya, jelas Fiona Goddard.

    Metode BODMAS merupakan metode yang umum diajarkan di Inggris, di Amerika banyak yang menggunakan metode berbeda.

    "Itu berakar kepada bagaimana kita harus setuju untuk bermain dengan aturan yang sama yang membangun urutan pengerjaan, seperti dalam perhitungan ini, kita dihadapkan dengan berbagai operasi matematika untuk mengerjakannya, untuk mengeluasi soal dalam tanda kurung, mengerjakan perkalian atau pembagian, atau mengerjakan penambahan atau pengurangan, urutannya yang kita gunakan untuk mengerjakan soalnya bisa menghasilkan perbedaan besar," jelas Fiona.

    Namun, Fiona menambahkan, jawaban yang benar sangat bergantung pada bagaimana kamu diajarkan dan semua kembali pada apakah kamu berpikir harus mengerjakan '2(4)' dahulu atau '8 ÷ 2'. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Viral Soal Matematika Bikin Warganet Debat, Jawabannya Bikin Bingung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar