Gibran Tolak Lockdown: Tidak Fair, Solo Lebih Sehat

Daftar Isi

    Foto: Walkot Solo Gibran Rakabuming menolak wacana lockdown guna menekan laju penularan Covid-19 lantaran merasa wilayahnya tak sama dengan daerah lain yang mengalami lonjakan kasus (CNN Indonesia/ Safir Makki)

     

    Lancang Kuning -- 
    Wali Kota Solo,Gibran Rakabuming Raka menolak jika ada usulan lockdown atau karantina wilayah diterapkan di seluruh Pulau Jawa guna menanggulangi lonjakan kasus virus corona (Covid-19).

    Menurutnya, kondisi tiap daerah berbeda-beda, sehingga tidak bisa diterapkan kebijakan yang sama. Terlebih, saat ini perekonomian Solo mulai masuk fase pemulihan.

    "Lockdown se-Jawa, kurang fair. Terutama untuk kota yang tidak zona merah. Kalau di-lockdown dengan keadaan seperti ini ya tidak fair. Situasi kita dan Kudus beda. Kita lebih sehat," kata Gibran di Solo, Selasa (15/6), dilansir LKC dari CNN Indonesia.com

    Ia mengklaim Covid-19 di Kota Solo sudah terkendali dengan baik berkat kinerja pemerintah Kota Solo bersama masyarakat.

    Geliat ekonomi yang baru dirasakan warga Solo beberapa bulan terakhir akan terhenti jika lockdown diterapkan di seluruh daerah di Jawa.

    "Kalau di-lockdown ya turun lagi aktivitas ekonominya. Solo dan Kudus ya beda, tidak bisa disamaratakan," katanya.

    Gibran mengatakan wilayah yang dipimpinnya pun sudah melakukan vaksinasi lebih cepat jika dibanding beberapa daerah lain. Oleh karena itu, dia merasa tidak adil jika aktivitas masyarakat dibatasi total dengan kebijakan lockdown.

    Sejak Maret 2021, angka kasus aktif di Solo tercatat relatif landai di kisaran 200-250. Namun dalam dua pekan terakhir angka tersebut melonjak dua kali lipat.

    Pada awal Juni kasus aktif di Solo tercatat sebanyak 276. Per 15 Juni, kasus aktif melonjak menjadi 548 atau mengalami kenaikan 98,55 persen. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gibran Tolak Lockdown: Tidak Fair, Solo Lebih Sehat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar