Pengujian Keamanan Sistem Informasi

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Pengujian keamanan adalah proses yang dilakukan untuk menemukan kerentanan keamanan dalam perangkat lunak atau aplikasi. Berbagai jenis pengujian akan dilakukan untuk memastikan bahwa sistem yang anda kembangkan benar-benar terlindungi dari berbagai serangan dunia maya.

     Setiap kali anda memutuskan untuk mengembangkan aplikasi atau membuat situs web baru, anda harus selalu memperhatikan aspek keamanan. Anda tentu tidak ingin sistem yang anda kelola pada akhirnya membawa kerugian bagi perusahaan dan pelanggan setia anda. Umumnya, sebuah web atau aplikasi enterprise akan memiliki berbagai data penting.

    Sebagai pemilik sistem, tugas anda adalah melindungi data penting agar tidak diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Karena jika web atau aplikasi anda berhasil diretas oleh penjahat cyber, reputasi dan kepercayaan pelanggan anda akan dikorbankan. Ini adalah penjelasan tentang apa tes keamanan untuk anda.

    Pelajari tentang pengujian keamanan pengujian keamanan adalah pengujian perangkat lunak yang digunakan untuk mengidentifikasi kerentanan dan memastikan bahwa data dan sumber daya sistem di dalamnya terlindungi dengan baik dari penyusup. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk menemukan semua kerentanan dan kelemahan sistem yang dapat menyebabkan hilangnya informasi atau hilangnya reputasi perusahaan.

    Secara umum, tes keamanan dilakukan setiap kali ada perubahan pada sistem yang sedang dikembangkan. Namun, perusahaan perlu menyadari perlunya pengujian keamanan secara berkala, karena peretas akan selalu menemukan cara untuk menembus sistem. Dengan melakukan pengujian keamanan secara berkala, anda dapat memastikan bahwa sistem yang anda gunakan selalu memiliki tingkat keamanan yang baik. Dalam pengujian keamanan, khususnya situs web dan aplikasi, empat aspek akan diperhatikan. Keempat bidang tersebut adalah:

    • Keamanan jaringan: tes ini dilakukan untuk menemukan kerentanan dalam infrastruktur jaringan.
    • Keamanan perangkat lunak sistem: pengujian untuk menilai tingkat kelemahan berbagai perangkat lunak tempat aplikasi dijalankan, seperti sistem operasi, sistem basis data, dll.
    • Keamanan aplikasi klien: tes ini dapat memastikan bahwa sisi klien seperti browser tidak dapat dikontrol.
    • Keamanan aplikasi server: pengujian untuk memastikan sisi server memiliki keamanan yang kuat dan dapat memblokir berbagai gangguan.
    • Jenis atau jenis pengujian keamanan
    • Memindai kerentanan

    Pemindaian kerentanan (vulnerability scan) adalah pemeriksaan keamanan yang dilakukan oleh perangkat lunak otomatis untuk memindahkan aplikasi web. Software ini akan mencari celah keamanan seperti cross-site scripting, sql injection, command injection, path traversal, dan konfigurasi server yang tidak aman. Alat ini sering disebut sebagai partPengujian Keamanan Aplikasi Dinamis (DAST).

    Harap dicatat bahwa pemindaian kerentanan sering digunakan pada jaringan perusahaan. Pemindaian kerentanan juga dipantau oleh standar industri dan peraturan pemerintah untuk meningkatkan arsitektur keamanan suatu organisasi.

    Secara umum, pemindaian kerentanan memiliki beberapa jenis pemindaian, yaitu:

    Pemindaian kerentanan eksternal:

    Pemindaian Kerentanan Eksternal adalah penilaian kerentanan yang dilakukan dengan menargetkan ekosistem TI yang tidak terbatas pada penggunaan internal. Pemindaian ini akan fokus pada beberapa area seperti aplikasi, port, situs web, layanan, jaringan, dan sistem yang dapat diakses oleh klien atau pengguna dari luar.

    Pemindaian Kerentanan Internal:

    Pemindaian kerentanan internal adalah pemindaian yang terutama menargetkan jaringan internal perusahaan. Pemindaian ini akan mengidentifikasi kerentanan dalam jaringan untuk menghindari kerusakan. Pemindaian internal juga memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk melindungi dan memperkuat keamanan aplikasi dari dalam.

     

    Pemindaian keamanan

    Pemindaian keamanan adalah pemindaian yang digunakan untuk mencari kerentanan atau perubahan file yang tidak diinginkan dalam aplikasi web, situs web, jaringan, atau sistem file. Pemindaian ini dapat dilakukan secara otomatis atau manual. Pemindaian ini akan memberi Anda informasi terperinci dan menyarankan solusi yang disarankan untuk memperbaiki masalah apa pun yang ditemukannya.

    Pemindaian keamanan dapat dilakukan sebagai pemeriksaan satu kali atau satu kali. Namun, sebagian besar perusahaan perangkat lunak lebih suka melakukan pemeriksaan keamanan rutin untuk memastikan bahwa sistem yang mereka kembangkan memang aman.

     

    Pengujian penetrasi

    Pengujian penetrasi adalah proses pengujian yang mensimulasikan serangan cyber pada sistem yang diuji. Tes ini akan dilakukan secara manual oleh pentester profesional dan bersertifikat dengan menggunakan berbagai alat dan teknik pentesting.

    Setelah menyelesaikan pengujian penetrasi, Anda akan menemukan berbagai kerentanan yang dapat dimanfaatkan oleh penjahat dunia maya. Dengan cara ini, proses perbaikan atau pembetulan dapat dilakukan tepat sebelum peretas menemukannya.

    Proses pengujian ini dilakukan dengan cara yang sama seperti ketika Anda mempekerjakan seseorang untuk membobol aplikasi atau sistem keamanan web Anda. Jika orang ini berhasil memasuki sistem keamanan yang ada dan melewatinya, maka Anda akan tahu di mana lubang atau kerentanan dalam sistem. Dengan informasi ini, Anda dapat terus meningkatkan keamanan perangkat lunak, situs web, atau aplikasi yang Anda kembangkan.

    Karena peretas akan terus mencari cara untuk menembus sistem korban, pengujian penetrasi harus dilakukan secara teratur.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengujian Keamanan Sistem Informasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar