3 Ide Menu Lebaran Anti Bosan Ala Chef Arnold

Daftar Isi

    Foto: Chef Arnold Poernomo.

    Lancang Kuning – Setelah merayakan lebaran, biasanya kita sudah mulai bosan dengan menu masakan yang tersaji di rumah dan kehabisan ide masakan untuk dihidangkan. Namun ternyata ada banyak bahan makanan sehari-hari yang bisa dieksplorasi menjadi menu baru yang tidak kalah lezatnya.

    Menu baru dari bahan yang mudah terjangkau itu bisa menambah semangat meski Hari Raya Idul Fitri dirayakan di rumah saja. Arnold Poernomo, atau dikenal Chef Arnold, koki ternama yang juga ditunjuk menjadi brand ambassador BlibliMart memberikan tips bahwa menu yang unik dan lezat bukan berarti menggunakan bahan yang mahal atau hanya berada di toko tertentu.

    Justru dengan mengulik bahan yang sudah ada atau sudah kita kenal, resep baru pun jadi terasa lebih menarik. Seperti apa cara Chef Arnold memodifikasi bahan yang biasa ditemukan menjadi menu baru? Inilah beberapa resep yang bisa ditiru oleh pelanggan dikutip dari keterangan pers Blibli.

    Panna cotta saus kurma camilan seru
    Salah satu buah yang paling banyak dan mudah ditemukan saat bulan Ramadan adalah kurma. Sebagai buah anjuran Nabi Muhammad SAW untuk berbuka puasa, kurma ternyata bisa diolah menjadi saus untuk dessert modern, panna cotta. 

    Cara membuatnya pun mudah, kurma bisa diblender bersama air, lalu dimasak dengan api kecil dengan sedikit gula dan garam. Selanjutnya, diaduk sampai mengental dengan tekstur saus yang diinginkan. Mudah, kan?

    Menu tahu walik anti bosan

    Selain kurma, tahu pun menjadi bahan makanan andalan banyak orang yang selalu ada di rumah karena bergizi dan mudah ditemukan. Kalau sudah bosan dengan menu tahu yang itu-itu saja, bisa dicoba resep tahu walik dengan sambal colo-colo yang pedas dan menyegarkan.

    Tahu walik ini sebenarnya adalah tahu pong biasa yang dibalik dan ditambahkan tepung tapioka serta ayam dan bumbu-bumbu di dalamnya. Yang menambah keunikan rasanya adalah, cocolan sambal colo-colo yang menggabungkan berbagai jenis cabai, bawang, dengan sambal jadi dan jeruk nipis. Segar sekali!

    Kakap putih sambal kemangi sebagai menu pamungkas
    Setelah camilan, sekarang saatnya makan besar dengan nasi dan lauk. Agar tidak kenyang berlebihan, ikan kakap bisa menjadi pilihan protein yang tepat karena teksturnya yang tidak keras.  Kunci paling penting adalah ikan tersebut harus segar.

    Agar tidak amis, lumuri dengan garam dan merica sebelum digoreng, lalu beri tambahan kecap inggris dan kecap manis sebagai perasa, dan terakhir beri sentuhan daun bawang dan jeruk nipis untuk menambah kesegaran. Untuk menambah kelezatan lagi, sajikan dengan sambal bawang dan kemangi untuk memberikan rasa khas Nusantara.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 3 Ide Menu Lebaran Anti Bosan Ala Chef Arnold
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar