Fungsi Komunikasi Bisnis Dalam Organisasi

Daftar Isi

    LancangKuning Komunikasi bisnis adalah suatu kegiatan bertukar informasi, ide, pendapat, dan instruksi yang disampaikan secara pribadi maupun impersonal melalui simbol atau sinyal tertentu sehingga diperoleh pemahaman yang sama di antara para pihak yang berkomunikasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pertukaran informasi terjadi secara terus menerus, komunikasi ini dilakukan secara verbal maupun non-verbal dengan tujuan membantu proses pengambilan keputusan dalam suatu bisnis.

    Setiap kegiatan komunikasi dalam kegiatan bisnis pasti mengandung unsur-unsur tertentu. Unsur-unsur komunikasi bisnis adalah sebagai berikut:

    • Ada tujuan, artinya komunikasi mempunyai tujuan yang telah ditentukan dan sejalan dengan tujuan organisasi.
    • Adanya pertukaran, artinya komunikasi melibatkan paling sedikit dua orang atau lebih
    • Berisi informasi, ide, pendapat, petunjuk, inilah isi pesan yang terdapat dalam komunikasi dimana bentuknya dapat berbeda-beda tergantung situasi, kondisi, dan tujuan.
    • Memanfaatkan jalur personal atau impersonal intinya komunikasi bisa dilakukan secara tatap muka, menggunakan media khusus, atau media massa jika ingin menjangkau banyak orang.
    • Menggunakan lambang atau sinyal, artinya adalah suatu metode atau alat yang digunakan untuk berkomunikasi agar dapat dipahami oleh penerima pesan.
    • Pencapaian target atau tujuan organisasi, dimana tujuan tersebut sebelumnya telah ditetapkan oleh manajemen.

    Tujuan Komunikasi Bisnis

    • Memberikan Informasi

    Informasi yang dimaksud di sini adalah informasi yang berkaitan dengan kegiatan berbagai pihak. Misalnya seorang tenaga penjual yang ingin meningkatkan pencapaian targetnya akan berusaha memasang iklan di berbagai media. Masing-masing media tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dari segi biaya maupun dari segi dampaknya. Cara penyampaian informasi di masing-masing media juga dapat menjadi faktor penentu keberhasilan suatu iklan.

    • Melakukan Persuasi (Persuading)

    Persuasi adalah cara terbaik untuk berkomunikasi yang dapat digunakan saat mencoba memengaruhi dan meyakinkan orang lain. Persuasi juga sering dilakukan dalam kegiatan pemasaran sehingga dapat mempengaruhi masyarakat untuk membeli suatu produk atau juga dalam penegasan saat melakukan konfirmasi pesanan konsumen agar tidak terjadi kesalahan dalam pemesanan.

    • Collaborating (Berkolaborasi)

    Kolaborasi merupakan bentuk kerjasama dan interaksi pihak-pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung yang dapat menerima konsekuensi dan manfaat. Komunikasi inilah yang membuat kerjasama bisnis menjadi lebih mudah. Komunikasi bisnis ini dapat dilakukan dengan berbagai media misalnya melalui telepon, email dan berbagai media lainnya.

    Bentuk Komunikasi Bisnis

    1. Komunikasi Verbal

    Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan dengan cara lisan maupun tertulis. Bentuk komunikasi ini dibedakan menjadi dua, yaitu aktif dan pasif.

    • Berbicara dan menulis (verbal aktif)
    • Mendengarkan dan menulis (verbal pasif)
    1. Komunikasi Non Verbal

    Dalam dunia bisnis juga terdapat komunikasi non verbal yaitu komunikasi yang disampaikan tanpa menggunakan kata-kata. Beberapa contoh komunikasi non-verbal dalam bisnis meliputi;

    • Simbol
    • Kata sandi
    • Warna
    • Ekspresi wajah
    • Gerakan tubuh

    Fungsi Komunikasi Bisnis

    Secara umum ada empat fungsi komunikasi dalam bisnis yaitu; Informatif, Regulatif, Persuasif, dan Integratif. Berikut penjelasan lengkapnya;

    1. Fungsi Informatif

    Dalam hal ini, fungsi informatif digunakan oleh manajer dan karyawan dalam menjalankan tugasnya secara efisien. Beberapa informasi yang dibutuhkan terkait dengan hal-hal berikut ini,

    • Hal yang berhubungan dengan pekerjaan (tujuan perusahaan, prosedur, regulasi, dan lain-lain).
    • Standar kerja dan keuntungan perusahaan-perusahaan
    • sosial emosional pada umumnya.
    1. Fungsi Pengaturan

    Komunikasi memiliki fungsi sebagai alat untuk mengontrol dan mengatur jalannya suatu organisasi. Bentuk komunikasi ini bisa dalam bentuk pesanan dan laporan.

    1. Fungsi persuasif

    Fungsi persuasif terjadi pada saat terjadi komunikasi dan interaksi antar karyawan, dimana tujuan dari komunikasi ini adalah agar orang lain dapat menerima gagasan seseorang.

    1. Fungsi Integratif

    Integrasi yang terjadi dalam perusahaan akan memungkinkan perusahaan beroperasi secara terintegrasi dan komprehensif. Ini hanya bisa dilakukan jika komunikasi dan koordinasi di perusahaan berjalan dengan baik.(Winxy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Komunikasi Bisnis Dalam Organisasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar