Human Factor Dalam Industri Penerbangan

Daftar Isi

    LancangKuning Human factor merupakan suatu yang berhubungan dengan informasi mengenai tingkah laku dalam kemampuan dan keterbatasan manusia serta karakteristik mengenai perancangan peralatan mesin sistem pekerjaan dan lingkungan untuk menghasilkan keamanan kenyamanan dan efektifitas dalam penggunaannya.

    Human faktor merupakan suatu yang akan memiliki peningkatan dalam keamanan kenyamanan dan menurunkan stress atau kelelahan kemudahan terhadap adaptasi meningkatkan kepuasan terhadap pekerjaan dan yang terpenting adalah meningkatkan kualitas hidup dari manusia yang bekerja.

    Dalam human faktor merupakan suatu multi-disiplin ilmu yang mencoba untuk mengoptimalkan dalam interaksi antara manusia perangkat atau mesin dalam prosedur yang saling menunjang untuk dan suatu sistem mencapai tujuan tertentu.

    Sebuah maskapai penerbangan merupakan sebuah organisasi yang menyediakan jasa penerbangan bagi penumpang atau barang mereka menyewa atau memiliki pesawat terbang untuk menyediakan jasa tersebut dan dapat membentuk kerja sama atau aliansi dengan maskapai lainnya untuk keuntungan bersama.

    Terjadinya dalam accident atau incident yang merupakan dapat ditelusuri jauh sebelum kejadian human factor dapat meningkatkan dalam efektifitas dan efisiensi terhadap kemampuan menggunakan peralatan menurunkan kesalahan yang ditimbulkan serta peningkatan produktifitas.

    Psikologi merupakan suatu penerbangan secara studi dan tentang perilaku manusia khususnya usaha-usah awak pesawat aviator untuk beradaptasi terhadap lingkungan asing yang dihadapinya.

    Biasanya human error secara murni disebabkan oleh kualitas individu bisa karena kurangnya pengalaman kemampuan dan aspek psikologis mungkin saat perekrutan adan merekrut orang yang salah sehingga ketika di lapangan staf tersebut merasa kewalahan dengan pekerjaanya hingga berakibat pada human error.

    Laporan investigasi pada kecelakaan pesawat biasanya tidak semua akan memberikan detail apa yang terjadi kebanyakan hanya fakta dan logika yang akan mengarah pada factor teknis dan data analisa pada fdr dan cvr menentukan human factor secara sulit karena memahami human behaviour maka factor tujuan investigasi untuk mencegah kecelakaan.

    Ada factor yang mempengaruhi human performance yaitu

    • Factor fisik ukuran badan tinggi pendek usia kekuatan penglihatan pendengaran dan lain-lain
    • Factor fisiologi atau kesehatan dan kondisi medis secara umum seperti tekanan darah gula darah detak jantung catat secara fisik
    • Factor psikologi seperti mental emosional secara umum
    • Factor psikososial seperti mental emosional atau kesedihan yang diakibatkan karena pengaruh social seperti kematian problem keluarga dan keuangan.

    Human faktor merupakan suatu faktor manusia dalam sebuah kecelakaan  orang dulu tahunya hanya human error dalam pilot error dan error-error lain yang berhubungan dengan manusia sendiri contohnya kesalahan pengemudi yang mengantuk pilot yang salah  dalam menekan tombol masinis yang salah tidak menginjak pedal.

    Penerbangan merupakan suatu sistem yang terdiri atas pemanfaatan wilayah udara pesawat udara bandar udara angkatan udara navigasi penerbangan keselamatan dan keamanan lingkungan hidup serta fasilitas penunjang dan fasilitas umum lainnya.

    Kelemahan human factor dalam industry penerbangan adalah

    • Pendanaan dalam pemerintah harus mempunyai keinginan membangun model pendaan di bidang aviasi
    • Keselamatan adalah jaminan penerbangan factor yang sangat penting dalam hal ini peran pemerintah perlu melakukan peran pemerintah perlu melakukan sertifikasi pesawat dan mengembangkan infrastuktur tansportasi udara
    • Kelemahan dalam sumber daya manusia menurutnya jumlah orang-orang yang bergabung dalam industry kedirgantaraan jumlahnya semakin berkurang

    Dalam human factor engineering dan ergonomic merupakan suatu dalam istilah yang merujuk pada ilmu untuk mempelajari fenomena interaksi antara manusia dengan lingkungan kerjanya yang menjadi cikal bakal munculnya istilah human atau cantered  dalam desaign tujuan dari ilmu HFE tersebut adalah untuk meningkatkan kinerja sistem dengan lingkungan kerja.

    Human factor merupakan suatu yang memiliki komponen dalam kemampuan keterbatasan dan lain-lain sedangkan human error terjadi karena sifat manusia yang mudah melupakan apa yang telah dipelajari bingung factor kelelahan kelalaian berbuat salah dan lain-lain.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Human Factor Dalam Industri Penerbangan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar