Niat Pengganti Puasa Ramadhan Saat Berhalangan

Daftar Isi

    Foto: Doa puasa ramadhan

    Lancang Kuning –  Bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh keberkaran bagi umat muslim. Di bulan Ramadhan ini, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama 30 hari.

    Kewajiban puasa di bulan Ramadhan sendiri terdapat dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 183. 

    Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa". 

    Namun, bagi sebagian orang khususnya wanita yang sudah akhir balik puasa Ramadhan tidak bisa dijalankan secara full selama 30 hari lamanya.

    Hal ini lantaran menstruasi yang dialami oleh wanita. Selain itu juga ada beberapa orang seperti yang tengah sakit, atau tengah bepergian yang tidak dapat menjalankan puasa full selama 30 hari. 

    Mereka yang tidak dapat menjalankan kewajiban tersebut harus mengganti puasa wajib itu di luar bulan Ramadhan. Dilansir dari laman Nu Online, Mereka yang mengqadha puasa Ramadhan juga wajib memasang niatpuasa qadhanya di malam hari, setidaknya menurut Mazhab Syafi’i.

    Demikian diterangkan oleh Syekh Sulaiman Al-Bujairimi dalam Hasyiyatul Iqna’-nya sebagai berikut.

    Artinya, “Disyaratkan memasang niat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa qadha, atau puasa nadzar. Syarat ini berdasar pada hadits Rasulullah SAW, ‘Siapa yang tidak memalamkan niat sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.’ Karenanya, tidak ada jalan lain kecuali berniat puasa setiap hari berdasar pada redaksi zahir hadits,” (Lihat Syekh Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Iqna’, [Darul Fikr, Beirut: 2007 M/1428 H], juz II).

    Adapun berikut ini adalah lafal niat qadha puasa Ramadhan:

    Nawaitu shauma ghadin ‘an qadh?’I fardhi syahri Ramadh?na lillâhi ta‘ala.

    Artinya, “Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT.”

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Niat Pengganti Puasa Ramadhan Saat Berhalangan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar