BEM dan Himpunan Mahasiswa STIKes Hang Tuah Pekanbaru Peduli akan Pendidikan dan Kesehatan

Daftar Isi

    Foto: Mahasiswi saat mengajarkan kepada anak-anak di Masjid/musholla. 

    Lancang Kuning - Situasi pandemi corona saat ini tidak menghalang mahasiswa untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat. 

    Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKes Hang Tuah Pekanbaru bersama Himpunan Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Kebidanan, D3 Kebidanan dan D3 Rekam Medis STIKes Hang Tuah Pekanbaru melaksanakan kegiatan pengadian masyarakat yaitu "Bina Desa dengan tema Memajukan Desa Sehat dan Sejahtera” pada tanggal 3-6 April 2021 di Dusun Bagan Benio,Desa Tasik Serai, Duri. 

    Bina desa ini merupakan program kerja di bawah naungan Kementerian Sosial Politik dan Kesehatan BEM STIKes Hang Tuah Pekanbaru. Tujuan dilakukan nya Bina Desa ini yaitu untuk mengedukasi masyarakat baik dalam bidang pendidikan, kesehatan dan pertanian.

    Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dusun Bagan Benio, Joharis mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dusun dengan kehadiran para mahasiswa dapat membantu warga terutama dalam segi kesehatan. 

    Kegiatan ini dihadiri oleh warga dusun bagan benio sejumlah 35 orang. 

    Ketua pelaksana, Yogie Afri Yandira mengatakan terima kasih banyak buat kepala dusun dan warga dusun karna sudah menerima kehadiran kami dengan sangat ramah. 

    Kegiatan bina desa ini menggandeng mitra dengan lembaga-lembaga kemanusiaan seperti Human Initiative Riau (HI), Dompet Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) kota Pekanbaru. 

    Kegiatan bina desa ini meliputi dari:


    1. Pendidikan yaitu penyuluhan kesehatan, pengajaran pengetahuan sosial dan lomba pembacaan surat pendek.
    2. Kesehatan seperti cek tensi,gula darah dan cek kolesterol.
    3. Pembudidayaan Toga (Tanaman Obat Keluarga) yaitu menanam tanaman bersama.

    Dilakukan nya pembudidayaan tanaman toga ini dikarenakan jauhnya akses desa ke pusksesmas setempat, dan diharapkan masyarakat dapat membudidayakan dan menggunakan tanaman toga untuk pertolongan awal masyarakat dusun bagan benio.

    Dalam hal ini, sekretaris jenderal BEM STIKes Hang Tuah Pekanbaru menambahkan semoga dengan adanya program bina desa yang di adakan STIKes Hang Tuah dapat menarik perhatian pemerintah untuk ikut melihat kondisi dusun yang termasuk sulit untuk di jangkau. 

    Bina Desa ini tidak selesai sampai disini,akan tetapi kegiatan ini selalu di ikuti perkembangannya setiap bulan oleh BEM dan Himpunan Mahasiswa STIKes Hang Tuah Pekanbaru. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel BEM dan Himpunan Mahasiswa STIKes Hang Tuah Pekanbaru Peduli akan Pendidikan dan Kesehatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar