Perbedaan Solidwork dan Autocad

Daftar Isi

    LancangKuning - SOLIDWORK | Solidwork adalah pemodelan solid "parametrik" yang kami sebut pemodelan desain 3-D. Parameter itu sendiri berarti bahwa dimensi dapat dikaitkan satu sama lain, dan dapat diubah selama proses desain, dan bagian fisik serta dokumen terkait (cetak biru) dapat diubah secara otomatis.

    Solidwork diakui sebagai pesaing program CAD seperti Pro / ENGINEER, NX Siemens, I-Deas, Unigraphics, AutoCAD Autodex dan CATIA pada tahun 1995. Harga murah. Solidwork Corporation didirikan oleh Jon Hirschtick pada tahun 1993 ketika merekrut tim insinyur untuk membangun perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak CAD 3D. Kantor pusatnya berlokasi di Concord, Massachusetts, dan produk pertamanya, Solidwork, dirilis pada tahun 1995. 95.

    Pada tahun 1997, Dassault Systemes, yang dikenal dengan software CATIA CAD-nya, mengakuisisi perusahaan tersebut Dari 2001 hingga Juli 2007, saat ini memiliki 100% Solidworks yang dipimpin oleh John McEleney dan sekarang dipimpin oleh Jeff Ray. Menurut informasi WIKI, banyak industri manufaktur yang sudah menggunakan software tersebut. Solidwork saat ini digunakan oleh ¾ juta insinyur dan desainer dari lebih dari 80.000 perusahaan di seluruh dunia. Dulu orang sudah familiar dengan AUTOCAD untuk desain gambar teknik, seperti yang penulis alami, tapi sekarang saya sudah familiar dengan SOLIDWORK, jadi saya jarang menggunakan AUTOCAD. Namun, hal ini tentu saja tergantung kebutuhan pribadinya.

    SolidWorks sendiri adalah program software 3D CAD (computer-aided design) mekanik yang berjalan pada Microsoft Windows. File SolidWorks menggunakan format penyimpanan file terstruktur Microsoft. Ini berarti bahwa berbagai file disematkan di setiap SLDDRW (file gambar), SLDPRT (file bagian), SLDASM (file perakitan), serta pratinjau bitmap dan metadata sub-file.

    Meskipun dalam banyak kasus subfile menggunakan format file biner, ada banyak alat yang dapat digunakan untuk mengekstrak subfile tersebut. SolidWorks adalah entitas semu berdasarkan pemodelan solid, dan menggunakan metode berdasarkan parameter fitur untuk pemodelan dan perakitan. Parameter mengacu pada batasan, yang nilainya menentukan bentuk atau geometri model.

    Parameter dapat berupa numerik, seperti panjang garis atau diameter lingkaran, atau geometris, seperti garis singgung, paralel, konsentris, horizontal atau vertikal. Parameter numerik bisa dikaitkan satu sama lain melalui hubungan penggunaan, yang memungkinkan mereka untuk menangkap maksud desain.

    AUTOCAD:

    Autocad adalah alat atau perangkat lunak desain 2D yang memiliki beberapa fungsi desain 3D, tetapi keterbatasannya sangat terbatas. Dibandingkan dengan solid parameter modeling (SolidWorks), fungsi desain 3D di AutoCad sangat sederhana, meskipun fungsi 3D ini telah ditingkatkan di AutoCad, masih banyak keterbatasan. Autodesk (pabrikan AutoCAD) menghasilkan produk yang hampir sama dengan SolidWorks, yang disebut Inventor, yang merupakan program parametrik yang digunakan untuk merancang bagian dan rakitan padat.

    AutoCAD adalah aplikasi perangkat lunak desain berbantuan komputer untuk desain dan penyusunan 2D dan 3D, seperti SolidWorks. AutoCAD adalah salah satu program CAD paling awal yang dijalankan di komputer pribadi dan komputer umum. Pada saat itu, sebagian besar program CAD lainnya berjalan pada mainframe atau mikrokomputer yang terhubung ke terminal grafik komputer untuk setiap pengguna.

    Versi awal AutoCAD menggunakan entitas dasar seperti garis, polylines, lingkaran, busur, dan teks untuk akhirnya membangun objek yang lebih kompleks. Saat ini, AutoCAD hanya dapat berjalan di sistem operasi Microsoft Windows versi 32-bit dan 64-bit. AutoCAD dapat berjalan pada emulator atau lapisan kompatibilitas (seperti VM-ware Workstation atau Wine), meskipun masalah kinerja sering muncul jika Anda menggunakan desain objek 3D besar atau gambar teknik yang besar.

    Memilih sistem perangkat lunak atau alat yang dapat bekerja dan dapat membantu Anda tergantung pada jenis pekerjaan yang ingin Anda lakukan. Banyak ahli mengatakan dan menyarankan bahwa ketika Anda berurusan dengan desain 2D dan 3D, SolidWorks lebih bertenaga dan efektif, sedangkan AutoCAD hanya membantu Anda melakukan pekerjaan 2D saja.(Yafi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Solidwork dan Autocad
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar