Ikuti Ajang PEKSIMINAS XIV 2018, Riau Raih Juara di Tangkai Lomba Puisi

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM - Dalam rangka menanamkan nilai-nilai karakter bangsa bagi mahasiswa melalui seni dan budaya, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti menggelar Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) ke XIV yang dilaksanakan pada tanggal 15-21 Oktober 2018 dengan Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) D.I. Yogyakarta sebagai tuan rumahnya.

    Penyelenggaraan peksiminas yang digelar tiap 2 tahun sekali ini merupakan penyelenggaraan peksiminas ke XIV dimana pesertanya adalah mahasiswa terbaik yang telah lolos dalam beragam proses penyeleksian baik dalam skala kampus, maupun daerah melalui Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA).

    Pada penyelenggaraan tahun ini, PEKSIMINAS XIV menyediakan 15 tangkai lomba, diantaranya : vokal grup, pop, dangdut, keroncong, seriosa, tari, baca puisi, penulisan puisi, monolog, penulisan cerpen, penulisan lakon, desain poster, lukis, fotografi dan komik strip yang diikuti oleh 33 Provinsi dengan total peserta berjumlah 1036. Riau sendiri mengirimkan total 47 peserta untuk mengikuti semua tangkai lomba yang dilombakan.

    Mewakili Riau diantaranya Ricky Dwi Bintanio (UNRI/Desain Poster), Nirma Redisa (UNRI/Baca Puisi Putri), Yuliana (UNRI/Monolog), Nurhafiza (UNRI/Penulisan Puisi), Yossy Arimbi (UNRI/Keroncong Putri), Farhan Filya Oktama (UNRI/Solo Pop Putra), Siti Rachmawati (UNRI/Solo Pop Putri), Famix Group (UNRI/Vocal Group), Wisnu Reizhal Pahlevi (UMRI/Keroncong Putra), Eric Febrian J (UNILAK/Penulisan Lakon), Thofan Jihadullah Al-Atiq (UNILAK/Lukis), Harif Novia Yunanda (STMIK AMIK RIAU/Fotografi Warna), M. Aidil (UNILAK/Baca Puisi Putra), Adam Novri (UNILAK/Fotografi Hitam Putih), Julianto (UNILAK/Komik Strip), Dirga Putri (UNILAK/Penulisan Cerpen), M. Iqbal Pranata (UIR/Dangdut Putra), Joti Santi Arinta (UIR/Dangdut Putri), Diana Nursinta (UIR/Seriosa Putri), Isman Maulana (UIR/Seriosa Putra), dan UKM UIR (UIR/Tari).

    Penyelenggaraan lomba yang diadakan di 8 kampus yang ada di Yogyakarta ini akhirnya ditutup secara langsung pada tanggal 20 Oktober 2018 bertempat di Auditorium Driyarkara Sanatha Darma.

    BPSMI Riau sendiri turut menyumbangkan raihan prestasi di tangkai lomba pembacaan puisi putri atas nama Nirma Redisa. Mahasiswi Universitas Riau yang mendapatkan juara 2 pada ajang peksiminas kali ini mengaku bahwa perjuangannya hingga meraih juara tak lepas dari berbagai pihak yang telah mendukungnya sejak jauh-jauh hari.

    “Perjuangan peksiminas ini dimulai sejak jauh hari sebelum lomba, didampingi oleh Bang Pay selaku pelatihnya, kami kerap melakukan latihan rutin mulai dari olah vocal, tubuh, rasa dan memahami makna dari puisi yang akan dibaca,” ujar Nirma. Adapun puisi yang dibacakan saat itu ialah puisi berjudul Cocktail Party karya Toety Herati Noerhadi serta Padamu Jua karya Amir Hamzah. 

    Nirma menyatakan bahwa baginya setiap puisi itu memiliki pesan dan nilai-nilai kehidupan, selain untuk menyampaikan pesan kepada penonton, tentunya puisi juga menjadi sarana untuk introspeksi diri sebab beberapa puisi yang ia baca juga memberikan pelajaran akan kehidupan.

    Lebih lanjut Nirma berharap  kepada teman-teman yang dua tahun lagi akan mengikuti peksiminas mendatang untuk lebih giat lagi untuk berproses, karena dari setiap proses itulah kita akan mendapatkan pelajaran dan menjadi lebih baik lagi. “tetap jaga niat, jangan hanya berharap untuk menjadi pemenang saja, tapi berharaplah untuk selalu bisa menampilkan yang terbaik”, tutup Nirma. (LK/rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ikuti Ajang PEKSIMINAS XIV 2018, Riau Raih Juara di Tangkai Lomba Puisi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar